Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya A, An, dan The dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 30/10/2020, 14:20 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika menyebutkan suatu kata benda, kita biasa menyebutkan a, an, dan the. Bagaimana perbedaan antara ketiganya? 

Dalam bahasa Inggris, a/an dan the disebut articles. Artikel ini membersamai suatu noun atau kata benda dengan berada di depannya. Lalu apa perbedaan antara a/an dan the?

A/an merupakan indefinite article. Maksudnya ialah a/an menerangkan kata benda yang tidak pasti atau kata benda yang umum.

Misalnya “I found a cat” (Aku menemukan seekor kucing). Hampir semua orang tahu bagaimana seekor kucing itu, namun lawan bicara kita tidak tahu kucing mana yang kita maksud.

Beda lagi dengan the. The merupakan definite article atau artikel yang digunakan untuk menyatakan kata benda yang sudah pasti.

Baca juga: Bedanya Sometime, Some Time, dan Sometimes

 

Melansir British Council, we use the definite article in front of a noun when we believe the listener/reader knows exactly what we are referring to.

Kita menggunakan definite article di depan kata benda ketika kita yakin pendengar/pembaca tahu persis apa yang kita maksud.

Contohnya, ketika kita mengatakan “I go to the library near the bank.” Di sini kita yakin bahwa lawan bicara kita atau pembaca mengetahui perpustakaan mana yang kita bicarakan, yaitu perpustakaan yang ada di dekat bank.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh berikut ini:
Tony: I bought a bread yesterday. / Aku memberli roti kemarin.
Tina: I’m sorry, Tony. I ate the bread this morning. / Maaf, Tony. Aku memakan rotinya pagi ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com