Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari, Bulan dan Jam, TVRI 30 April Kelas 1-3 SD

Kompas.com - 30/04/2020, 07:07 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI Kamis, 30 April 2020 Kelas 1-3 SD membahas tema Hari, Bulan dan Jam. Berikut ini ringkasan materinya:

Nama-nama Hari

Dalam satu minggu ada tujuh hari, dimulai dari hari Senin sampai hari Minggu. Hari-hari ini akan terus berputar, setelah hari Minggu kita akan ketemu lagi dengan hari Senin.

Nama-nama hari dalam satu minggu adalah:

  1. Senin
  2. Selasa
  3. Rabu
  4. Kamis
  5. Jumat
  6. Sabtu
  7. Minggu

Untuk mengetahui besok adalah hari apa, kamu harus maju satu hari dari hari ini. Contoh: kalau sekarang hari Rabu, besok adalah hari Kamis.

Untuk mengetahui hari ini hari apa berdasarkan hari kemarin, kamu harus maju satu kali. Contoh: bila kemarin hari Jumat, berarti sekarang adalah hari Sabtu.

Untuk mengetahui lusa hari apa, kamu harus maju dua hari dari hari sekarang. Lusa adalah dua hari setelah atau sebelum hari yang disebutkan. Contoh: sekarang hari Selasa, besok lusa adalah hari Kamis.

Untuk mengetahui hari-hari sebelum atau sesudah hari ini, kamu harus menghitung berdasarkan patokan hari yang disebutkan dalam soal. Contoh: bila kemarin harus Sabtu, tiga hari lagi adalah hari Rabu.

Agar lebih mudah mengerjakan, hafalkanlah nama-nama hari.

Nama-nama bulan dalam 1 tahun

Dalam satu tahun ada 12 bulan. Berikut ini adalah nama-nama bulan dalam 1 tahun:

  1. Januari
  2. Februari
  3. Maret
  4. April
  5. Mei
  6. Juni
  7. Juli
  8. Agustus
  9. September
  10. Oktober
  11. November
  12. Desember

Belajar mengenai waktu dan membaca jam

Untuk menentukan waktu, harus melihat jarum jam yaitu jarum pendek dan jarum panjang. Jarum pendek menunjukkan jam. Jarum panjang menunjukkan menit.

Contoh 1: jarum pendek menunjuk angka 7 dan jarum panjang menunjuk angka 12. Artinya, jam menunjukkan pukul 7 dan menit ke 0. Posisi ini disebut pukul 07.00 atau jam 7 tepat.

Contoh 2: jarum pendek di antara angka 7 dan 8, tetapi lebih dekat ke angka 8. Jarum panjang di angka 9, sebelumnya bergerak dari angka 12. Perjalanan dari angka 12 ke angka 1 adalah sama dengan 5 menit, dan seterusnya. Berarti jam menunjukkan pukul 07.45, dibaca pukul 7 lewat 45 menit.

Contoh 3: jarum pendek di antara angka 1 dan 2. Jarum panjang di angka 9. Berarti jam ini menunjukkan pukul 1 lewat 45 menit.

Contoh 4: jarum pendek di antara angka 1 dan 2, tapi lebih dekat ke angka 1. Jarum panjang di angka 3. Berarti jam ini menunjukkan pukul 1 lewat 15 menit.

Contoh 5: jarum pendek di angka 2 dan jarum panjang mengarah di angka 12. Berarti menunjukkan pukul 2 tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com