Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Singkat Tentang Kekhasan Daerah Asalmu, Sulawesi Selatan

Kompas.com - 29/04/2020, 18:20 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD pada Rabu, 29 April 2020 membahas tentang Lagu dan Pakaian Adat: Aceh, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada tayangan tersebut, terdapat pertanyaan yaitu: Tuliskan cerita singkat tentang kekhasan daerah asalmu. Minimal terdiri dari 8 kalimat.

Jawaban:

Berikut ini cerita singkat tentang kekhasan daerah Sulawesi Selatan (Sulsel), mengutip situs resmi Provinsi Sulawesi Selatan dan Kemdikbud RI:

Di Sulawesi Selatan terdapat banyak etnis dan suku tetapi yang paling mayoritas adalah Suku Makassar, suku Bugis, dan suku Toraja.

Sehingga bahasa yang dominan adalah bahasa ketiga suku tersebut, yaitu Makassar, Bugis dan Toraja.

 

Kebudayaan yang paling terkenal hingga ke luar negeri adalah adat dan budaya Toraja.

Baca juga: Tuliskan Cerita Singkat tentang Kekhasan Daerah Asalmu, Jawa Barat

Rumah adat di Sulsel yang berasal dari ketiga daerah (Makassar, Bugis dan Toraja) memiliki bentuk yang hampir sama, di atas tiang-tiang dengan kolong di bawahnya.

Rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja disebut tongkonan, berdiri di atas tumpukan kayu dengan ukiran warna meraj, hitam dan kuning.

Salah satu kebiasaan yang cukup dikneal di Sulsel adalah Mappalili (Bugis) atau Appalili (Makassar).

Mappalili atau Appalili berasal dari kata palili yang berarti untuk menjaga tanaman padi dari sesuatu yang akan mengganggu atau merusaknya.

Ritual Mappalili atau Appalili telah dilakukan turun temurun oleh masyarakat Sulawesi Selatan terutama dari Kabupaten Pangkep.

Senjata kas Sulawesi Selatan adalah badik atau badek, yaitu pisau dengan bentuk khas yang dikembangkan masyarakat Bugis dan Makassar.

Badik mempunyai nilai ekonomis dan nilai seni tinggi. Badik mempunyai fungsi dalam kehidupan keluarga, dalam kegiatan ekonomi dan sebagai pembela diri.

Baca juga: Tuliskan Cerita Singkat tentang Kekhasan Daerah Asalmu, Jawa Timur

Makanan khas Sulawesi Selatan ada banyak tetapi yang terkenal adalah Coto Makassar dan Pisang Ijo.

Selain itu juga ada jenis makanan khas lain seperti Pisang Epe, Bassang, Roti Maros, Jalangkote, Kue Biji Nangka dan lainnya.

Di Sulawesi Selatan terdapat beberapa jenis pakaian adat. Salah satu yang terkenal adalah Baju Bodo dari suku Bugis.

Baju Bodo adalah baju khas untuk wanita, berbentuk segi empat dengan lengan yang pendek. Baju Bodo adalah baju tertua di Indonesia.

Warna pada Baju Bodo memiliki arti tersendiri, yaitu menunjukkan umur dan status sosial orang yang memakainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com