Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan jika Melihat Jamur pada Makanan?

Kompas.com - 26/05/2024, 14:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada yang ingin menyia-nyiakan makanan. Jadi ketika melihat bintik-bintik mencurigakan pada roti, atau makanan lainnya, beberapa orang memilih menyingkirkan jamur dan memakan sisanya.

Namun dalam kebanyakan kasus mengunyah makanan berjamur adalah ide yang buruk, kata Kristin Kirkpatrick, ahli diet terdaftar dan manajer kesehatan di Cleveland Clinic.

Baca juga: Apa Efeknya jika Tak Sengaja Makan Makanan Berjamur?

Jamur pada makanan

Meski tampak tidak berbahaya, jamur yang terbawa oleh makanan dapat menyebabkan sejumlah masalah, mulai dari gangguan pencernaan hingga dalam situasi yang paling ekstrem dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan kanker.

Ada banyak risiko kesehatan akibat paparan jamur karena jamur dapat menghasilkan zat beracun yang disebut mikotoksin.

Racun ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan reaksi alergi dan penyakit.

Ahli juga menyatakan aflatoksin, sejenis mikotoksin tertentu yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, bahkan dapat menyebabkan kanker.

Jamur biasanya mudah dikenali. Seringkali muncul sebagai perubahan warna biru atau hijau, yang dapat menumbuhkan bulu jika dibiarkan cukup lama.

Jika Anda memeriksa makanan dalam stoples, sebaiknya periksa bagian bawah tutup dan tepi wadah untuk melihat apakah ada pertumbuhan yang mencurigakan.

Apakah menyingkirkan jamur adalah solusi?

Bagaimana jika makanan yang terkena jamur hanya di beberapa sisi dan bisa disingkirkan untuk dikonsumsi sisanya?

Baca juga: Makanan Berjamur Aman Dikonsumsi?

Tergantung teksturnya, makanan keras yang padat seperti keju keras atau wortel, di mana Anda dapat melihat dengan jelas koloni jamur, dikatakan aman untuk memotong bagian yang berjamur sekitar tiga senti atau lebih, menurut National Geographic.

Namun, pada makanan yang lembap keju lunak, yogurt, selai, acar, tingkat pertumbuhan jamur tidak terlalu terlihat dan sulit dihilangkan dengan aman.

Kirkpatrick dikutip dari Time mengatakan bahwa ketika jamur terlihat, tentakelnya yang disebut “benang” kemungkinan besar telah menembus jauh ke dalam makanan Anda, bahkan mencemari bagian-bagian yang tampaknya bebas jamur.

Hal yang sama berlaku untuk daging dan ikan yang berjamur.

Meskipun melakukan pembekuan atau memasak dengan suhu tinggi, hal tersebut hanya akan membunuh jamur dan meninggalkan racun yang dihasilkannya.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) melarang mengendus benda atau makanan yang berjamur. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Jika Anda menemukan makanan dipenuhi jamur, buanglah.

Cara membuangnya: masukkan ke dalam kantong kertas kecil atau bungkus dengan plastik dan buang ke tempat sampah tertutup yang tidak dapat dimasuki oleh anak-anak dan hewan.

Baca juga: Apakah Jamur Dapat Berjamur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com