Bakteri di ISS Ditemukan Bermutasi, Apakah Mengancam?

Kompas.com - 19/05/2024, 14:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber BGR

KOMPAS.com - Ilmuwan menemukan sesuatu yang tak terduga di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2018 yang lalu.

Mereka menemukan lima jenis bakteri yang resisten terhadap berbagai obat.

Baca juga: Bakteri Penyebab Manusia Sakit Bertahan Hidup di Mars, Apa Dampaknya?

Nah, menariknya, kini peneliti mengatakan setidaknya ada 13 strain alias galur telah ditemukan di ISS.

Artinya, strain asli telah bermutasi menjadi beberapa strain bakteri baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Tentu saja mustahil bagi manusia mana pun untuk tidak pernah bersentuhan dengan bakteri.

Namun, dengan banyaknya jenis bakteri yang dikaitkan dengan berbagai penyakit, penting untuk memverifikasi jenis bakteri apa yang ada, terutama di tempat-tempat penting seperti ISS.

Pasalnya, ISS merupakan lingkungan yang sangat terkontrol sehingga penemuan strain bakteri baru ini telah menimbulkan beberapa pertanyaan menarik mengenai upaya perjalanan ruang angkasa di masa depan.

Bakteri di ISS

Mengutip BGR, Selasa (7/5/2024) mikroba dan bakteri yang hidup di ISS sangat penting untuk memastikan astronot tetap sehat selama bertugas di stasiun.

Dan karena gayaberat mikro dan peningkatan paparan radiasi yang ditawarkan stasiun tersebut, beberapa bakteri sering kali dapat bermutasi menjadi jenis baru yang belum pernah terlihat di Bumi.