Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2024, 11:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencuci sayur sebelum dimasak sering kali menjadi pertimbangan bagi banyak orang.

Beberapa mungkin berpendapat bahwa proses memasak akan membunuh bakteri dan kuman apa pun yang ada pada sayuran, sehingga mencuci tidak diperlukan. Namun, seberapa pentingkah mencuci sayuran sebelum dimasak?

Baca juga: Perlukah Mencuci Beras Sebelum Dimasak?

Dikutip dari Medical News Today, Kita sebaiknya mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh sebelum dimasak atau dikonsumsi. Meskipun ada beberapa produk yang sudah dicuci oleh produsen, namun tetap disarankan untuk membersihkannya kembali.

Ada dua risiko utama dari mengonsumsi buah dan sayuran yang tidak dicuci: kontaminasi bakteri dan pestisida.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kasus penyakit yang berasal dari makanan yang terkontaminasi seperti semangka, bayam, tomat, dan selada.

Sebagai contoh, pada tahun 2016, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyelidiki wabah listeriosis yang mengakibatkan 19 orang terluka dan satu orang meninggal karena infeksi tersebut.

Lebih baru-baru ini, pada Januari 2019, CDC, FDA, dan pejabat kesehatan di beberapa negara bagian dan Kanada menyelidiki wabah infeksi Escherichia coli (E. coli) yang berasal dari selada romaine yang terkontaminasi. Wabah ini memengaruhi 62 orang di 16 negara bagian, namun tidak ada yang meninggal.

Melansir Science Focus, meskipun merebus atau mengukus sayuran bisa membunuh bakteri apa pun, masalahnya masih ada pada pestisida. Pestisida dapat menempel pada sayuran dan bertahan saat dimasak.

Baca juga: 7 Sayuran Akar Paling Sehat dan Manfaatnya untuk Tubuh

Meskipun pestisida dapat membantu petani menghasilkan lebih banyak makanan, namun pestisida juga memiliki banyak risiko kesehatan. Sulit untuk menghindari pestisida, karena banyak tanaman non-target yang terpapar zat kimia ini.

Menurut Environmental Working Group, hampir 70 persen buah dan sayuran di Amerika Serikat memiliki residu pestisida, bahkan setelah dicuci.

Agar lebih aman, sebaiknya mencuci dan mengeringkan sayuran secara menyeluruh dengan kertas dapur bersih untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan sisa-sisa tanah sebelum memulai persiapan sayuran, karena tanah bisa mengandung bakteri seperti E. coli dan mencemari permukaan tempat Anda mempersiapkan makanan.

Baca juga: Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur agar Tak Terkontaminasi Bakteri

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com