Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golden Record Baru akan Dikirim ke Luar Angkasa, Apa Itu?

Kompas.com - 17/12/2023, 12:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga kini manusia belum menemukan bukti nyata keberadaan kehidupan di luar Bumi.

Namun para ilmuwan terus berupaya untuk mencari lebih jauh dengan mencoba mengirimkan pesan pada mahluk ekstraterestrial.

Baca juga: Mengenal Félicette, Kucing Pertama yang Dikirim ke Luar Angkasa

Salah satu pesan itu adalah Golden Record yang dikirim ke luar angkasa dengan menggunakan wahana Voyager 1 dan Voyager 2 lebih dari empat dekade lalu.

Kini, setelah sekian dekade berlalu ilmuwan berencana mengirimkan Golde Record terbaru untuk memberikan gambara lain tentang planet Bumi di abad ke-21.

Mengenal Golden Record

Mengutip IFl Science, Rabu (13/12/2023) Golden Record bagaikan sebuah pesan dalam botol yang dibuang ke alam semesta dengan harapan dapat memberikan wawasan kepada mahluk hidup di luar Bumi mengenai manusia dan kisah planet kita.

Golden Record terdiri dari dua piringan hitam berlapis emas yang berisi audio dan gambar yang dirancang untuk menggambarkan kehidupan di Bumi.

Satu piringan hitam ditempatkan di setiap wahana Voyager pada tahun 1977.

Isi rekaman tersebut dipilih oleh sebuah komite yang dipimpin oleh Carl Sagan.

Mereka memilih kumpulan salam lisan dari 55 bahasa, musik dari berbagai budaya, diagram ilmiah, gambar alam dan budaya manusia, ditambah definisi matematika.

Lantas jika edisi baru Golden Records dirilis, apa yang dapat kita ubah mengenai pesan asli yang dihasilkan pada tahun 1970an?

Sebuah artikel penelitian baru dibuat untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam sebuah proyek yang mereka sebut Pesan dalam Botol (MIAB).

Baca juga: Apa Saja Pesan dari Bumi yang Pernah Dikirim ke Alien?

Ini masih dalam tahap awal, sehingga tim saat ini menguraikan visi misi yang lebih luas, dan isi pastinya belum dibahas.

Namun, tujuan utamanya adalah meluncurkan satu salinan MIAB ke luar angkasa dalam misi luar angkasa di masa depan dan menyimpan salinan lainnya di Bumi.

"Meski kemungkinan kecil entitas luar angkasa menerima pesan itu, itu akan memberikan wawasan pada spesies cerdas yang mungkin akan mengunjungi planet kita," tulis peneliti dalam pernyataan mereka.

Pesan baru

Berbeda dengan versi sebelumnya, pesan baru menampilkan video yang memungkinkan alien mengamati manusia jauh lebih jelas daripada gambar diam atau rekaman audio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com