NASA Bakal Luncurkan Satelit dari Kayu Pertama di Dunia

Kompas.com - 25/11/2023, 12:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - NASA dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) berencana meluncurkan satelit kayu pertama di dunia ke luar angkasa.

Satelit kayu itu diberi nama LignoSat. Seukuran cangkir kopi dan terbuat dari kayu magnolia, LignoSat akan diluncurkan ke orbit Bumi pada musim panas 2024.

Baca juga: Mengenal Satelit RHESSI yang Kembali ke Bumi Setelah 21 Tahun Bertugas

Penerbangan luar angkasa berkelanjutan

Peluncuran satelit kayu ini merupakan upaya menjadikan penerbangan luar angkasa yang lebih berkelanjutan.

Melansir CNN, penelitian terbaru dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menemukan bahwa 10 persen aerosol atmosfer di stratosfer mengandung partikel logam dari wahana antariksa, termasuk satelit.

Dampak jangka panjang dari pecahan logam itu tidak diketahui, namun para ilmuwan khawatir hal tersebut dapat merusak lapisan ozon Bumi.

Sementara satelit kayu lebih baik bagi planet namun tetap memberikan fungsi yang sama seperti satelit logam.

Mengutip Live Science, Jumat (24/11/2023), kayu tidak terbakar atau membusuk di ruang hampa udara, namun kayu akan terbakar menjadi abu halus saat masuk kembali ke atmosfer Bumi, menjadikannya bahan yang berguna dan dapat terbiodegradasi untuk satelit masa depan.

Setelah berhasil menguji sampel kayu di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) awal tahun ini, para ilmuwan pun yakit satelit uji tersebut layak untuk diluncurkan.

“Tiga spesimen kayu diuji dan tidak menunjukkan deformasi setelah terpapar luar angkasa,” kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.