Studi Sebut Berlian Bisa Ungkap Rahasia tentang Bumi, Apa Itu?

Kompas.com - 22/10/2023, 15:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menemukan, beberapa berlian kuno dapat mengungkap rahasia tentang evolusi Bumi.

Sebagai mineral alami yang paling keras, berlian telah bertahan melalui banyak periode, termasuk penciptaan dan penghancuran “benua super”.

Terkubur jauh di bawah permukaan Bumi, para peneliti telah menganalisis berlian yang terbentuk jutaan tahun lalu di bawah benua super Gondwana.

Permata “super dalam” ini menyimpan petunjuk penting mengenai pembentukan, stabilisasi, dan pergerakan superkontinen di seluruh Bumi.

Siklus ini, yang didorong oleh lempeng tektonik yang mendorong kerak Bumi ke bawah permukaan Bumi, mungkin sulit untuk dipelajari.

Baca juga: Berlian Masih Tak Sekeras Lonsdaleit, Material Apa Itu?

Menurut Karen Smit, peneliti studi tersebut, berlian super dalam sangatlah langka dan para ahli kini telah mengetahui bahwa berlian dapat memberi tahu banyak hal tentang keseluruhan proses pembentukan benua.

Oleh sebab itu, Smit dan rekan-rekannya ingin menentukan usia berlian ini untuk mencoba memahami bagaimana benua paling awal terbentuk.

Dengan menggunakan serangkaian analisis kimia untuk mengidentifikasi dan menentukan tanggal inklusi silikat dan sulfida kecil di dalam berlian, termasuk analisis isotop, para peneliti menemukan bahwa berlian terbentuk antara 650 hingga 450 juta tahun yang lalu, sekitar 300 hingga 700 km di bawah permukaan tanah. Saat itu, benua super masih menutupi Kutub Selatan.

Saat berlian terbentuk, batuan di dalamnya menjadi ringan dan terangkut bersama material mantel subduksi ke dasar benua super sehingga memperluasnya dari bawah. Ini sebagaimana yang dijelaskan Smit bahwa berlian telah mengalami perjalanan yang cukup panjang sejak saat itu.