Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2023, 15:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Otot melekat pada tulang melalui tendon sehingga memungkinkan tubuh untuk bergerak dan mempertahankan postur tegak.

Beberapa otot, seperti otot yang membantu kita tersenyum atau melenturkan jari, panjangnya hanya beberapa cm, sedangkan otot lainnya, seperti otot di paha, berukuran besar dan panjang.

Otot terbesar di tubuh manusia

Untuk menentukan otot mana yang terbesar di tubuh, perlu mengetahui terlebih dahulu apakah otot diukur berdasarkan massa atau luas permukaan.

D. Ceri Davies, mantan kepala Anatomical Society di Inggris, mengatakan bahwa gluteus maximus adalah otot terbesar di tubuh berdasarkan massanya.

Otot gluteus maximus bergerak secara diagonal dari bagian tengah atas panggul hingga tulang paha.

Baca juga: Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos, dan Otot Jantung

Menurut sebuah penelitian terhadap mayat orang dewasa, otot ini menyumbang sekitar 12% hingga 13% dari total berat semua otot kaki.

Davies mengatakan, kita menggunakan otot gluteus maximus saat bangun dari kursi, berjalan menaiki tangga, atau menanjak. Oleh sebab itu, penting harus kuat untuk memindahkan beban seluruh tubuh bagian atas.

Olahraga yang membutuhkan kekuatan otot glute yang besar, seperti lari cepat, dapat meningkatkan ukuran gluteus maximus. Sebuah penelitian kecil menemukan, volume absolut glutei maximus pelari elit sekitar 45% lebih besar dibandingkan dengan pelari sub-elit.

Menariknya lagi, otot gluteus maximus pada manusia lebih besar dibandingkan otot kera dan monyet, setidaknya dibandingkan dengan ukuran tubuh secara keseluruhan.

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ukuran gluteus maximus yang besar mungkin merupakan hasil adaptasi evolusioner terhadap tuntutan tertentu yang ditimbulkan oleh makhluk bipedal, yang berarti tegak dengan dua kaki.

Baca juga: Latihan Beban untuk Lansia Terbukti Memperlambat Kerusakan Otot

Kemudian, latissimus dorsi, yang biasa disebut "lats", adalah otot terbesar di tubuh manusia dalam hal luas permukaan.

Ada dua latissimus dorsi berbentuk segitiga, masing-masing di setiap sisi tulang belakang. Otot-otot yang lebar dan rata ini berada di atas otot-otot punggung tengah dan bawah lainnya.

Menurut sebuah studi tahun 2022 di International Journal of Morphology, rata-rata latissimus dorsi dewasa berukuran lebar sekitar 18 cm dan panjang 36 cm. Konon, tebalnyah anya sekitar 1,3 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com