Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Perbandingan Usia Anjing dan Manusia?

Kompas.com - 16/10/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ada teori lama yang mengatakan bahwa setiap tahun kehidupan seekor anjing setara dengan tujuh tahun usia manusia.

Dengan kata lain, anjing berumur lima tahun sama seperti manusia berumur 35 tahun. Tapi, perhitungannya tidak sesederhana itu.

Kecepatan perkembangan anjing berbeda dengan manusia, dan ukuran serta ras anjing dapat membuat perbedaan besar pada umurnya.

Banyak faktor yang memengaruhi usia anjing

Manusia membutuhkan waktu 18 tahun untuk mencapai usia dewasa, tetapi anak anjing hanya perlu enam hingga 9 bulan, bergantung ukuran dan rasnya.

Anjing biasanya mengalami pubertas antara enam bulan hingga satu tahun, dan inilah fase remajanya. Kemudian, anjing tergolong dewasa muda sampai mereka berusia tiga hingga empat tahun.

Baca juga: Mengapa Anjing Terkadang Memakan Kotoran?

Perlu dicatat bahwa ada perbedaan umur dari berbagai ras atau campuran yang penting untuk dipertimbangkan.

Sebuah penelitian terhadap hampir 2 juta ekor anjing yang menjadi pasien di lebih dari 1.000 klinik dokter hewan di Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa harapan hidup seekor anjing adalah 12,69 tahun.

Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan penelitian sebelumnya di Inggris, yang menyebutkan angka harapan hidup anjing adalah 11,23 tahun, dan sedikit lebih rendah dibandingkan penelitian lain di AS, yang menyatakan angkanya adalah 15,4 tahun.

Namun, itu pun bergantung beberapa faktor. Misalnya, anjing betina hidup sedikit lebih lama dibandingkan anjing jantan. Kemudian, anjing kecil hidup lebih lama daripada anjing besar.

Secara umum, anjing ras campuran hidup sedikit lebih lama dibandingkan anjing ras murni, namun beberapa anjing ras murni memiliki umur yang panjang (chihuahua, shih tzus, dan dachshund adalah ras yang berumur paling panjang dalam sebuah penelitian).

Baca juga: Sains Jelaskan Penyebab Cokelat Berbahaya untuk Anjing

Lantas, bagaimana perbandingan umur anjing dan manusia?

Seekor anjing berumur satu tahun mungkin setara dengan manusia berumur 18 tahun. Untuk mengetahuinya, peneliti juga menggunakan pendekatan biologis.

Seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan epigenetik pada DNA sebagai hasil dari proses yang disebut metilasi.

Para ilmuwan mengamati perubahan asam nukleat, yang disebut metilom, dari 104 ekor labrador dan membandingkannya dengan perubahan pada manusia. Hasilnya, hubungannya tidak linier.

Hasil ini memberi perhitungan yang berbeda, yakni untuk mencari umur anjing yang setara dengan manusia, ambil log umur tersebut, kalikan dengan 16, lalu tambahkan 31.

Berdasarkan epigenomnya, para ilmuwan ini mengatakan, anak anjing berumur delapan minggu setara dengan bayi berumur sembilan bulan dan anjing berumur 12 tahun kira-kira setara dengan manusia berumur 70 tahun.

Baca juga: Apakah Anjing Bisa Menangis?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com