Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Gerhana Matahari Cincin Api yang Terjadi pada 14 Oktober 2023?

Kompas.com - 13/10/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pada Sabtu, 14 Oktober 2023, beberapa wilayah di Bumi akan menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin api.

Gerhana matahari cincin api akan melintasi Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Beberapa bagian Amerika Serikat, Meksiko, dan banyak negara di Amerika Selatan dan Amerika Tengah juga bisa menyaksikan fenomena ini.

Apa itu gerhana matahari cincin api?

Gerhana matahari terjadi ketika bulan baru berada tepat di antara Bumi dengan matahari dan bayangannya mengenai Bumi.

Sementara itu, gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan tampak relatif kecil di langit sehingga tidak bisa menutupi seluruh piringan matahari dan meninggalkan cincin luar tipis yang sering disebut “cincin api".

Kemampuan bulan untuk menutupi seluruh piringan matahari bergantung pada jarak bulan dari Bumi.

Baca juga: Apakah di Planet Lain Ada Gerhana Matahari?

bulan mempunyai orbit yang agak lonjong dalam mengelilingi Bumi sehingga pada dua titik setiap bulannya, bulan berada pada posisi terjauh (apogee) dan terdekat (perigee) dengan Bumi. Inilah membuat bulan tampak sedikit lebih kecil dan sedikit lebih besar.

Pada 14 Oktober 2023, bulan baru akan terlihat relatif kecil sehingga hanya dapat menutupi 91% piringan matahari, jika dilihat dari jalur annularitas sempit yang membentang dari Oregon hingga Texas dan seterusnya.

Proses gerhana matahari cincin

Ada 5 tahapan berbeda dari fenomena gerhana matahari cincin, yakni:

  • Tahap pertama, gerhana sebagian dimulai: Siluet bulan mulai terlihat di depan piringan matahari. Matahari tampak seperti digigit.
  • Tahap ke-2, gerhana penuh atau annularitas dimulai: Cincin api muncul. Selama beberapa detik saat annularitas dimulai, manik-manik Baily, yang tampak seperti butiran cahaya, terkadang tampak di tepi siluet bulan.
  • Gerhana maksimum: Bulan menutupi bagian tengah piringan Matahari.
  • Tahap ke-3, annularitas berakhir: Bulan mulai menjauh dari piringan Matahari. Sekali lagi, manik-manik Baily mungkin terlihat di sepanjang tepi depan Bulan.
  • Tahap ke-4, gerhana sebagian berakhir: Bulan berhenti tumpang tindih dengan piringan Matahari. Gerhana berakhir pada tahap ini.

Baca juga: Mengapa Jangan Melihat Gerhana Matahari Hibrida dengan Mata Telanjang?

Berapa lama gerhana matahari cincin berlangsung?

Gerhana matahari cincin api dapat berlangsung lebih dari 3 jam di lokasi yang terlihat annularitas.

Dari awal hingga akhir, total durasi gerhana cincin bisa lebih dari 6 jam, tetapi tidak di satu lokasi.

Untuk annularitas, yakni ketika hanya cincin api yang terlihat di langit, dapat berkisar dari kurang dari satu detik hingga lebih dari 12 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com