Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Bawang Agar Tahan Lama Menurut Sains

Kompas.com - 07/10/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai merupakan beberapa jenis bawang yang banyak digunakan dalam berbagai hidangan.

Ada cara khusus untuk mendapatkan bawang dengan rasa dan aroma yang tetap segar, meski sudah disimpan selama beberapa hari.

Trik ini juga bisa dipraktikkan untuk menghemat dan mengurangi sampah dapur karena mencegah bawang terbuang sebelum digunakan.

Cara menyimpan bawang menurut sains

Menurut National Onion Association (NOA), bawang paling baik disimpan di ruangan yang sejuk, kering, gelap, dan berventilasi baik, seperti dapur.

Pasalnya, bawang-bawangan mudah menyerap kelembapan. Jika suhu atau kelembapan terlalu tinggi, bawang akan mulai bertunas atau membusuk.

Baca juga: Sains Jelaskan Manfaat Jus Bawang Bombai untuk Rambut Rontok

Sebuah penelitian menemukan bahwa menyimpan suhu ideal untuk menyimpan bawang adalah 4–10 derajat Celcius. Pada suhu ini, karakteristik bawang dapat dipertahankan dengan sangat baik.

Penting juga untuk memastikan ventilasi yang baik di tempat menyimpan bawang untuk mencegah jamur dan pembusukan.

Untuk mendapatkan ventilasi yang baik, gunakan keranjang terbuka, pengukus bambu, atau tas jaring untuk menyimpan bawang. Hindari menyimpan bawang di dalam kantong plastik karena bawang akan cepat rusak karena ventilasi yang buruk.

Selain itu, kegelapan membantu bawang bertahan lebih lama. Kurangnya sinar matahari mengurangi perubahan suhu dan kelembapan, dua faktor yang dapat menyebabkan bawang lebih cepat rusak.

Jangan simpan bawang utuh di kulkas

Bawang utuh memiliki kulit yang tipis karena diawetkan segera setelah dipanen. Proses pengawetan membantu menghilangkan kelembapan berlebih sehingga dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: 8 Tips Mengatasi Bau Mulut Setelah Makan Bawang

Oleh sebab itu, bawang paling baik disimpan di tempat yang sejuk, namun kering, gelap, dan berventilasi baik. Kondisi ini memastikan bawang tidak menyerap terlalu banyak kelembapan atau panas.

Menyimpan bawang utuh di lemari es akan membuat bawang terkena dingin dan lembap. Karena mudah menyerap kelembapan, bawang mungkin menjadi lembek dan lebih cepat rusak.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk bawang yang sudah dikupas, diiris, atau dipotong. Bawang yang sudah dikupas dapat disimpan di lemari es hingga dua minggu, sedangkan bawang yang dipotong atau diiris hanya dapat disimpan selama 7–10 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com