Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sungai menjadi bagian penting dalam sejarah perkembangan umat manusia. Hingga saat ini, sungai tetap berfungsi sebagai jalur perdagangan maupun sumber makanan.

Mengingat pengaruhnya yang sangat besar terhadap perkembangan kehidupan modern, penting untuk mengetahui sejak kapan sungai ini terbentuk.

Meski sulit untuk menghitung usia sungai secara pasti, para ahli telah menobatkan beberapa sungai sebagai yang tertua di dunia.

Sungai Finke, yang tertua di dunia

Melansir AZ Animals, Sungai Finke adalah sungai tertua di dunia yang diperkirakan berusia lebih dari 350 juta tahun. Umur sungai ini ditentukan berdasarkan beberapa faktor geologi.

Baca juga: Bagaimana Cara Ahli Mengukur Sungai Terpanjang di Dunia?

Karena dataran yang unik menjadi tempat terbentuknya sungai, dapat disimpulkan bahwa sungai terbentuk sebelum pembentukan gunung terjadi. Itu berarti Sungai Finke lebih tua dari Orogeny Alice Springs (pembentukan gunung di Australia tengah) dan peristiwa itu terjadi antara 300 dan 400 juta tahun yang lalu.

Menurut IFL Science, Sungai Finke mengalir hanya beberapa kali dalam setahun setelah hujan lebat dan airnya mengalir sekitar 600-750 km hingga ke Danau Eyre.

Legenda mengatakan, Sungai yang bersumber di MacDonnell Ranges, Wilayah Utara Australia, ini terbentuk ketika Ular Pelangi pergi ke utara dari Danau Eyre.

Sebenarnya, tidak mudah bagi ilmuwan untuk menentukan umur sungai secara pasti, terutama selama periode waktu geologis yang panjang.

Baca juga: Apa yang Hidup di Dasar Sungai Terdalam di Dunia?

Untuk itu, ilmuwan dapat memeriksa ciri-ciri ekologis di sekitar sungai, pegunungan, melihat sedimen dasar sungai, serta lika-liku sungai itu sendiri yang telah mengubah bentang alam akibat erosi selama ratusan juta tahun.

Bahkan setelah mempertimbangkan semua fitur ini dan lebih banyak lagi, bukan hal yang aneh untuk memiliki perkiraan rentang usia yang luas yang mencakup periode waktu yang lama.

Sejauh ini, tidak hanya Sungai Finke yang diperkirakan berusia ratusan juta tahun. Ada Sungai Meuse (320-340 juta tahun), Sungai Susquehanna (260-325 juta tahun), Sungai Rhein (240 juta tahun), dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com