Seperti Apa Salad Luar Angkasa yang Dipersiapkan untuk Astronot?

Kompas.com - 05/03/2023, 18:05 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Sci-News

KOMPAS.com - Makanan menjadi kebutuhan yang krusial bagi manusia tak terkecuali saat mereka berada di luar angkasa.

Para penjelajah luar angkasa atau astronot juga memerlukan nutrisi yang cukup dan mendukung kesehatan saat mereka menjalankan misi namun juga tetap enak untuk dinikmati.

Baca juga: Bagaimana Astronot Beradaptasi dengan Kondisi Siang dan Malam di Luar Angkasa?

Kini peneliti tengah membuat salad luar angkasa yang nantinya bisa menjadi bekal dan cocok dikonsumsi bagi para astronot.

Komposisi salad luar angkasa

Mengutip Sci-News, Minggu (5/3/2023) salad luar angkasa mengandung bahan-bahan termausk kedelai, barley, kale, kacang tanah, ubi jalar, dan biji bunga matahari.

Bahan tersebut menurut peneliti dapat memberikan nutrisi optimal bagi para astronot.

"Kami telah mensimulasikan campuran enam hingga delapan tanaman yang memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan astronot dan berbeda dari yang dibutuhkan manusia di Bumi," kata Profesor Volker Hessel, direktur penelitian Andy Thomas Center for Space Resources di Universitas Adelaide.

Menurutnya, meski ada lusinan tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi astronot, mereka perlu menemukan tanaman yang dapat dikemas dan menghasilkan kalori yang dibutuhkan.

Hessel dan rekannya pun menggunakan persyaratan diet harian untuk astronot yang disarankan dalam studi 2011 oleh para ilmuwan NASA.