Virus di Siberia Dihidupkan Lagi Setelah Membeku Selama Puluhan Ribu Tahun

Kompas.com - 10/12/2022, 09:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Ada campuran mikroba membeku yang terdiri dari virus, bakteri, dan spora jamur bersembunyi di bawah tanah Arktik yang sangat dingin.

Beberapa mikroba ini belum pernah berinteraksi dengan dunia luar. Namun saat perubahan iklim yang menghangatkan planet ini, kuman-kuman yang terjebak dalam permafrost itu dapat mencair.

Pertanyaannya, bisakah mikroba yang mencair dan kembali 'hidup' ini menginfeksi sesuatu?

Serta, seberapa besar potensi ancaman yang ditimbulkan virus itu terhadap kesehatan manusia serta lingkungan?

Pertanyaan-pertanyaan itu yang kemudian diselidiki oleh tim internasional dalam studi baru mereka yang tersedia di database pracetak bioRxiv.

Untuk mengetahuinya, seperti dikutip dari Live Science, Jumat (9/12/2022) peneliti mengisolasi 13 virus yang baru dideskripsikan dari tujuh sampel permafrost dan dua sampel air yang diambil dari sungai Siberia.