Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Siap Masuk Sekolah, Dokter Ingatkan untuk Penuhi Nutrisi Hariannya

Kompas.com - 21/07/2022, 09:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai cara untuk menunjang kesiapan anak masuk sekolah, pemenuhan nutrisi seimbang kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Kendati selalu menyiapkan makanan secara teratur, tidak jarang orangtua kurang memperhatikan kualitas dan berapa banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak.

Padahal, nutrisi sangat dibutuhkan untuk untuk fungsi kognitif anak, yang akan terus berkembang pesat hingga mencapai 90 persen ketika usianya lima tahun.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, menyampaikan bahwa nutrisi yang tepat dan seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak, untuk menerima stimulasi maupun pendidikan di sekolah.

Selain itu, menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh anak juga sangat penting diperhatikan oleh para orangtua agar mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan optimal di sekolah.

Baca juga: 4 Rekomendasi PTM dari IDAI Sebelum Anak Kembali Sekolah untuk Cegah Situasi Covid-19 Memburuk

"Untuk itu, peran orangtua sangat penting dalam memastikan bahwa anak telah mendapat asupan nutrisi tepat dan seimbang dalam pola makan sehari-hari. Jangan hanya melihat dari porsi makanan yang dikonsumsi anak, tapi juga harus memperhatikan kualitas asupan nutrisinya," ungkapnya dalam peluncuran produk susu bubuk pertumbuhan SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx, ditulis Kompas.com Rabu (20/7/2022).

Adapun produk SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx, menurut Senior Brand Manager SGM Eksplor 3Plus, Shiera Syabila Maulidya, merupakan inovasi yang dikembangkan untuk membantu mendukung nutrisi anak agar siap belajar.

Di samping memperhatikan menu makan dengan gizi seimbang, sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan serta tumbuh kembang anak, susu pertumbuhan bisa menjadi pilihan.

Lebih lanjut, dr Dian mengatakan, orangtua perlu memastikan anak mendapat energi yang cukup dari makanan tinggi karbohidrat, protein dan lemak supaya mendukung aktivitas fisiknya di sekolah.

Baca juga: 7 Syarat Sekolah Tatap Muka dari IDAI agar Anak Tetap Aman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com