Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fajar Besok, Waktu yang Tepat Lihat Jupiter di Langit

Kompas.com - 21/06/2022, 19:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menemani aktivitas Anda di rumah, ada fenomena menarik yang menghiasi langit Indonesia besok pagi (22/6/2022).

Fenomena tersebut adalah konjungsi antara Bulan dan Planet Jupiter. Konjungsi juga disebut sebagai kesejajaran antar benda langit tersebut.

Astronom Amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengatakan, konjungsi Bulan dan Jupiter ini terjadi pada fajar di hari Rabu, 22 Juni 2022.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Planet Jupiter

Konjungsi Bulan-Jupiter adalah peristiwa seakan berkumpulnya Bulan dan planet Jupiter dalam satu lokasi yang sama jika dilihat dari Bumi.

Kedua benda langit ini akan nampak dalam satu garis lurus di langit, yang membuat momen ini menjadi waktu yang tepat untuk melihat bagaimana penampakan Planet Jupiter di atas langit.

Dengan begitu, jika Anda melihat ada sebuah benda langit seperti bintang yang sejajar atau segaris lurus dengan Bulan di langit, maka itu bisa jadi adalah Planet Jupiter.

"Konjungsi terjadi di kala fajar sebelum terbitnya Matahari," kata Marufin kepada Kompas.com, Rabu (1/6/2022).

Di atas kertas kedua benda langit tersebut akan nampak di atas cakrawala timur selama lebih dari 4 jam hingga terbitnya Matahari.

Marufin mengatakan, untuk dapat mengamati fenomena ini, Anda bisa menyaksikannya dengan mata telanjang tanpa alat bantu.

Jupiter akan nampak di sisi atas (barat) Bulan sejauh sekitar 5 derajat.

Kendati bisa dilihat dengan mata telanjang, Marufin menyarankan, akan lebih baik jika diabadikan dengan kamera dengan teknik astrofotografi.

 Baca juga: NASA Bagikan Foto 2 Bulan Milik Jupiter, Seperti Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com