Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bumi Makin Panas, Suhu Tahunan Diperkirakan Naik 1,5 Derajat Celsius

Kompas.com - 10/05/2022, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor

KOMPAS.com - Suhu Bumi semakin memanas, yang mana cuaca kian panas dan terik di berbagai belahan dunia. Ahli memperkirakan bahwa suhu tahunan Bumi diperkirakan naik hingga 1,5 derajat Celsius selama lima tahun ke depan.

Dampak pemanasan global disebut berpotensi dapat jauh melebihi perkiraan yang sebelumnya diyakini secara internasional, yang merupakan temuan dari sejumlah peneliti di Badan Meteorologi Inggris.

Para peneliti di lembaga tersebut, mengungkapkan bahwa terdapat kemungkinan rata-rata suhu tahunan bumi akan naik lebih dari 1,5 derajat Celsius selama lima tahun ke depan.

Potensi terjadinya perkiraan kenaikan suhu Bumi ini 50 berbanding 50.

Kendati demikian, kenaikan suhu seperti itu diyakini hanya bersifat sementara. Namun, para peneliti tetap mencemaskan kenaikan suhu secara keseluruhan.

Dikutip dari BBC Indonesia, Selasa (10/5/2022), secara umum para peneliti di Badan Meteorologi Inggris meyakini bahwa pada tahun 2022 sampai 2026 akan muncul rekor suhu terpanas.

Seiring melonjaknya tingkat pemanasan gas di atmosfer selama tiga dekade terakhir, suhu global sudah meningkat secara bertahap.

Baca juga: Perhitungan COP26, Suhu Bumi Diprediksi Naik 2,4 Derajat Celsius

Pada tahun 2015, suhu rata-rata dunia untuk pertama kali naik 1 derajat Celsius. Kenaikan suhu Bumi itu berada di atas tingkat peningkatan suhu setelah pra-era industri.

Pada tahun itu, Perjanjian Iklim Paris, Perancis, yang diteken banyak negara, menargetkan setiap pemerintahan untuk menahan kenaikan suhu rata-rata global di angka 1,5 derajat Celsius.

Dampak kenaikan suhu Bumi

Dalam tujuh tahun terakhir, rata-rata suhu global lebih tinggi sekitar 1 derajat Celsius dibandingkan suhu tahunan sebelumnya, bahkan tahun 2016 dan 2020 dinyatakan sebagai tahun terpanas dalam sejarah.

Para ilmuwan pun menegaskan bahwa dengan kenaikan pemanasan sekitar 1 derajat saja, Bumi akan mengalami dampak yang signifikan.

Salah satu dampak kenaikan suhu global tersebut adalah kebakaran hutan di Amerika Serikat tahun 2021 silam.

Dampak lain dari kenaikan suhu yang menyebabkan Bumi makin panas, yakni gelombang panas dramatis yang saat ini melanda India dan Pakistan.

Baca juga: 5 Dampak Perubahan Iklim jika Suhu Bumi Naik 2 Derajat Celsius

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com