Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Konservasi Gigi, Cabang Ilmu yang Mempertahankan Gigi

Kompas.com - 10/05/2022, 16:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Konservasi gigi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran gigi. Dokter gigi yang mendalami cabang ilmu ini juga memiliki gelar khusus, yaitu spesialis Konservasi Gigi atau yang disingkat Sp.KG. Perawatan apa saja yang termasuk ke dalam konservasi gigi?

Pengertian konservasi gigi

Konservasi gigi adalah cabang ilmu kedokteran ilmu yang tujuan utamanya adalah mempertahankan gigi seutuh dan selama mungkin. Perawatan ini dilakukan dengan cara mengurangi bagian gigi yang sakit sesedikit mungkin selama perawatan gigi.

Dalam bidang konservasi gigi, bagian email dan dentin gigi dipercaya merupakan material yang paling aman dan efektif untuk berada di di dalam rongga mulut. Semakin sedikit prosedur invasif yang dilakukan, maka akan semakin banyak jaringan gigi yang sehat yang bisa dipertahankan di dalam mulut.

Dari sisi pasien, tentu bidang konservasi ini memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan yang dirasakan oleh pasien antara lain rasa sakit lebih sedikit, tidak atau hanya membutuhkan sedikit anestesi lokal, dan tidak mengalami komplikasi yang mungkin muncul jika gigi dicabut.

Baca juga: Kenapa Gigi Berlubang Sakit Terus?

Macam perawatan yang termasuk konservasi gigi

Dilansir dari laman Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran, berikut adalah perawatan yang termasuk konservasi gigi:

  • Perawatan dan pencegahan gigi berlubang
  • Penambalan gigi sederhana
  • Penambalan gigi estetik
  • Perawatan saraf atau perawatan saluran akar gigi
  • Pembuatan restorasi setelah perawatan saluran akar
  • Pemutihan gigi atau bleaching
  • Pembuatan veneer
  • Smile make over
  • Bedah endodontik

Untuk melakukan tindakan di atas, Anda harus melakukannya di tempatk praktik dokter gigi spesialis konservasi gigi. Sebelum melakukan tindakan tersebut, konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk memilih perawatan yang paling tepat dengan kasus Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com