Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Makan Telur Sebabkan Kolesterol Tinggi?

Kompas.com - 05/05/2022, 10:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Telur adalah makanan yang bergizi, namun tak sedikit yang meragukannya karena kuning telur yang mengandung kolesterol.

Hubungan antara kolesterol dari telur dan kadar kolesterol dalam tubuh memang cukup rumit.

Memahami bagaimana kolesterol bekerja dan hubungannya dengan konsumsi telur dapat membantu mengatur pola makan yang lebih sehat.

Benarkah makan telur sebabkan kolesterol tinggi?

Dilansir dari Medical News Today, sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kolesterol dalam makanan, seperti telur, tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Hati-hati, Ini 7 Makanan Tinggi Kolesterol

Penelitian membuktikan bahwa peningkatan kadar total kolesterol dan kolesterol jahat dalam darah berhubungan dengan efek kesehatan yang negatif, termasuk penyakit kardiovaskular. 

Namun, beberapa studi telah menunjukkan bahwa makan telur tidak secara signifikan memengaruhi kadar kolesterol pada kebanyakan orang.

Faktanya,beberapa penelitian menemukan, meskipun mengkonsumsi telur setiap hari dapat menyebabkan sedikit peningkatan kolesterol jahat, telur juga meningkatkan kolesterol baik.

Ini berarti bahwa rasio kolesterol total terhadap kolesterol baik tetap stabil.

Mulanya, para peneliti awal secara keliru menyimpulkan bahwa kolesterol makanan secara langsung berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol darah.

Baca juga: 5 Olahraga Terbaik untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Berdasarkan bukti ilmiah baru-baru ini, para ahli kesehatan mengubah pandangan akan tentang telur.

Sejumlah penelitian terbaru pun telah mengonfirmasi bahwa makan telur sebagai bagian dari pola makan sehat tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Salah satu studi yang menganalisis 177.000 orang dari 50 negara tidak menemukan hubungan yang signifikan antara asupan telur dan kadar kolesterol, tingkat kematian, atau penyakit kardiovaskular utama.

Studi ini juga tidak menemukan hubungan yang signifikan antara berapa banyak telur yang dimakan dan kadar kolesterol.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mengatakan bahwa orang yang sehat dapat dengan aman makan telur utuh setiap hari. 

Baca juga: Berapa Lama Waktu untuk Menurunkan Kolesterol?

AHA juga mengatakan, konsumsi dua telur setiap hari aman untuk orang dewasa yang sehat karena manfaat nutrisi keseluruhan dari telur.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun kebanyakan orang dapat menikmati makanan kaya kolesterol, setiap orang memiliki respons yang berbeda. 

Orang dengan mutasi genetik tertentu, yang memengaruhi kadar kolesterol mereka, mungkin perlu mengikuti pola makan rendah kolesterol untuk menjaga kadar darah yang sehat.

Secara keseluruhan, tampaknya makan telur aman bagi kebanyakan orang. 

Namun, seperti semua makanan, konsumsi telur dalam jumlah sedang dan sebagai bagian dari pola makan bergizi seimbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com