Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Penyebab Kepala Pusing, Salah Satunya Bisa Disebabkan Covid-19

Kompas.com - 07/02/2022, 17:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Sering merasa pusing? Ternyata pusing bisa jadi merupakan tanda masalah kesehatan yang lebih serius, salah satunya adalah Covid-19. Waspadai kenapa kepala pusing berikut ini.

Penyebab pusing

Pusing adalah rasa ketika kepala terasa melayang, berputar-putar, dan membuat tubuh tidak seimbang. Terkadang pusing juga bisa menyebabkan pingsan.

Banyak hal yang bisa menyebabkan pusing. Dilansir dari NHS Inform, berikut adalah 10 penyebab pusing.

  1. Labirinitis: kondisi infeksi pada telinga bagian dalam sehingga mempengaruhi fungsi pendengaran dan keseimbangan. Kondisi ini juga menyebabkan vertigo.
  2. Migrain: pusing bisa datang baik sebelum ataupun sesudah muncul sakit kepala akibat migrain. Pusing akibat migrain juga mungkin muncul walaupun tanpa sakit kepala.
  3. Stres atau cemas: ketika cemas, seseorang cenderung bernapas dengan cepat walaupun sedang beristirahat.
  4. Gula darah rendah: gula darah rendah disebut juga dengan hipoglikemia. Hal ini menyebabkan seseorang merasa pusing.
  5. Hipotensi postur: orang dengan tekanan darah rendah biasanya akan merasa pusing ketika ia berdiri dari posisi duduk atau jongkok. Namun kondisi ini biasanya berlangsung sebentar saja.
  6. Dehidrasi: dehidrasi ketika sedang berolahraga atau sedang diare
  7. Mengonsumsi obat-obatan: terdapat beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan pusing, contohnya obat penenang atau obat darah tinggi.
  8. Keracunan karbon monoksida
  9. Minum minuman beralkohol
  10. Infeksi Covid-19

Baca juga: Penyebab Pusing Setelah Begadang Secara Ilmiah

Pusing akibat Covid-19

Dilansir dari ZOE Covid Study dan King’s College London, pusing menjadi salah satu gejala Covid-19 varian Omicron yang paling sering muncul. Gejala ini menduduki peringkat 11 di bawah pilek, sakit kepala, batuk, dan demam.

Gejala pusing pada Covid-19 juga bisa muncul di varian lainnya. Namun, biasanya gejala pusing muncul bersama gejala ringan lainnya. Gejala ringan ini hanya muncul pada orang yang sudah divaksin. Sedangkan pada orang yang belum divaksin, pusing bisa disertai gejala yang lebih berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com