Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Suplemen Kolagen Bermanfaat untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 22/11/2021, 11:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Suplemen kolagen disebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menemukan, suplemen kolagen bermanfaat untuk mengurangi kerutan di wajah atau mencegah penuaan, dan meredakan nyeri sendi terkait osteoartritis.

Benarkah suplemen kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit hingga tulang?

Sebelum menjawabnya, mari ketahui terlebih dahulu apa itu kolagen.

Melansir Healthline, Selasa (11/2/2020) kolagen adalah protein utama dalam tubuh yang ada di kulit, tendon, ligamen, dan jaringan ikat lainnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kolagen Bermanfaat untuk Elastisitas Kulit dan Sendi?

Ada 28 jenis kolagen yang telah diidentifikasi yakni tipe I, II, dan III yang paling banyak dalam tubuh manusia, membentuk sekitar 80-90 persen dari total kolagen.

Tubuh manusia secara alami memproduksi kolagen secara alami, tetapi suplemen kolagen yang ada di pasaran diklaim dapat meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan kesehatan sendi, membentuk massa otot, membakar lemak, serta manfaat lainnya.

Bentuk suplemen kolagen

Sebagian besar suplemen kolagen berasal dari hewan seperti babi, sapi, dan ikan. Komposisinya bervariasi, biasanya mengandung kolagen tipe I, II, III, atau campuran ketiganya yang berbentuk kolagen terhidrolisis, gelatin, atau murni.

Suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk bubuk yang kerap disebut sebagai kolagen terhidrolisis, kolagen hidrolisat, peptida kolagen, atau gelatin.

Cara kerjanya yaitu dipecah melalui proses terkontrol yang dinamakan hidrolisis, di mana molekul air memutuskan ikatan kimia dalam protein kolagen dari hewan tersebut.

Berdasarkan penelitian tahun 2019 yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information (NCBI), tubuh dapat menyerap kolagen terhidrolisis secara efisien.

Semua bentuk kolagen dipecah menjadi asam amino selama di pencernaan, lalu diserap dan digunakan untuk membentuk kolagen atau protein lain yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Benarkah Suplemen Pembakar Lemak Efektif Menurunkan Berat Badan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com