Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Empati dan Cara Meningkatkan Empati

Kompas.com - 29/10/2021, 13:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comEmpati adalah kemampuan emosional untuk memahami apa yang orang lain rasakan dan melihat suatu masalah dari sudut pandang orang lain. Empati berasal dari kata empatheia yang berarti ikut merasakan.

Empati merupakan bentuk kecerdasan emosional yang ditandai dengan beberapa hal. Pertama, orang yang memiliki empati mampu mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik.

Kedua, orang yang memiliki empati bisa menerima sudut pandang orang lain. Ini akan menimbulkan toleransi dan tidak akan mempermasalahkan perbedaan.

Ketiga, orang yang memiliki empati lebih peka terhadap perasaan orang lain. Seseorang akan mudah merasakan perasaan orang lain hanya dengan melihat perubahan ekspresi, nada bicara, dan bahasa tubuh.

Macam-macam empati

Ada beberapa macam empati yang berbeda, berikut penjelasannya:

  1. Empati kognitif: memahami kondisi mental seseorang dan apa yang mereka pikirkan dalam merespons situasi tertentu. Empati kognitif merupakan sesuatu yang terjadi di dalam pikiran.
  2. Empati afektif: kemampuan memahami emosi orang lain dan merespons dengan tepat. Empati ini akan membantu seseorang merasa tidak sendirian.
  3. Empati somatis: kemampuan memahami seseorang dan ikut merasakan reaksi secara fisik. Misalnya, ketika orang lain merasa tegang, maka orang yang berempati ikut merasa tegang seperti jantung berdebar.

Baca juga: Rasa Empati Manusia Dibentuk, Bukan Diturunkan secara Genetik

Perbedaan empati dan simpati

Walau mirip, namun keduanya adalah hal yang berbeda. Simpati adalah perasaan peduli terhadap seseorang dan merasa ingin mereka lebih bahagia. Sedangkan empati lebih dari itu. Empati membuat seolah terlibat atau ikut merasakan kesedihan orang lain.

Cara meningkatkan empati

Peneliti percaya terdapat beberapa cara untuk meningkatkan empati kita terhadap orang lain. Dilansir dari Psychology Today, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan empati:

  • Habiskan waktu dengan banyak individu berbeda untuk mengetahui berbagai sudut pandang orang lain
  • Membaca novel. Hampir mirip dengan bertemu dengan orang lain, hal ini mampu membuat kita memahami berbagai sudut pandang orang lain
  • Meditasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com