Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teluk Jakarta Tercemar Paracetamol, Peneliti Duga Sumbernya dari Sini

Kompas.com - 04/10/2021, 13:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Temuan kandungan paracetamol berkonsentrasi tinggi di Muara Angke dan Ancol membuat masyarakat bertanya-tanya, dari mana sumbernya?

Peneliti yang terlibat dalam studi yang terbit di jurnal Science Direct pada Agustus 2021 hanya bisa mengungkap dugaan sumbernya berdasar telaah kajian ilmiah yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Kita tidak melakukan penelitian dari mana sumbernya. Tapi secara teori, ada banyak sumber yang bisa mencemari teluk Jakarta dengan paracetamol," ungkap Prof. Dr. Zainal Arifin, Peneliti Oseanografi BRIN dalam Webinar bertajuk "Limbah Farmasetika di Perairan Teluk Jakarta", Senin (4/10/2021).

"Kita peneliti hampir setuju bahwa 60-70 persen pencemaran di laut sumbernya datang dari daratan atau antropogenik (dilakukan manusia)," imbuh Zainal.

Baca juga: Teluk Jakarta Tercemar Parasetamol Konsentrasi Tinggi, DLH Uji Sampel

Dalam kasus pencemaran air di Muara Angke dan Ancol oleh parasetamol, kemungkinan besar berasal dari Jabodetabek.

Dugaan pertama, bisa karena gaya hidup masyarakat. Sebagai contoh, obat-obatan kedaluwarsa atau rusak dibuang sembarangan.

Dugaan kedua, instalasi pembuangan air limbah yang tidak optimal.

Zainal menjelaskan, paracetamol tidak bisa terendapkan oleh jaring limbah yang saat ini digunakan. Ini artinya, kita memerlukan inovasi teknologi baru untuk menangani masalah tersebut.

Sementara itu, Dr. Wulan Koaguow yang juga Peneliti Oseanografi BRIN dan terlibat dalam penelitian menambahkan bahwa sebenarnya semua obat-obatan bisa menjadi kontaminan lingkungan.

Paracetamol merupakan salah satu emerging contaminants atau sangat berisiko mencemari lingkungan.

"Tentu saja, sumber dari mana asal paracetamol yang kami sebutkan masih dugaan. Maksud kami dugaan, kami mengacu berdasar telaah pustaka yang ada. Itu bukan data kami. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sumbernya," ungkap Wulan dalam kesempatan yang sama.

Telaah studi sebelumnya

Mengutip penelitian tahun 2001 yang disebutkan dalam paparan peneliti di jurnal Science Direct, dikatakan bahwa ada 13 sungai yang mengalir di Kota Jakarta dan mengalirkan airnya ke Teluk Jakarta. Dengan demikian, Teluk Jakarta menerima limbah dari lebih dari 10 juta penduduk.

Kemudian di tahun 2015, ada penelitian yang menyebut bahwa 75 persen air limbah di Jakarta tidak diolah dengan baik, yakni langsung dibuang ke aliran sungai atau saluran terbuka.

Hal ini mengakibatkan ekosistem laut di Teluk Jakarta terancam. Pada tahun 2009 dilaporkan adanya penurunan tajam keanekaragaman hayati di sekitar Teluk Jakarta sehubungan dengan aktivitas antropogenik (berkaitan dengan aktivitas manusia).

Di sisi lain, konsumsi obat-obatan farmasi dan stimulan juga digunakan secara intensif oleh manusia selama beberapa dekade terakhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com