Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Starliner Boeing ke ISS Ditunda Lagi, Mungkin sampai Tahun Depan

Kompas.com - 16/08/2021, 09:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pesawat ruang angkasa Boeing Starliner kembali masuk pabrik untuk perbaikan, kali ini karena 4 dari 13 katup macet. Ini membuat peluncuran Starliner ke ruang angkasa harus ditunda lagi.

Starliner dirancang untuk membawa astronot NASA ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dan sudah bertahun-tahun mundur dari jadwal.

Sebelumnya, Starliner mengalami masalah dengan pesawat ruang angkasanya. Hal ini tentu saja menambah kerugian finansial untuk Boeing.

Dalam pengumuman hari Jumat (13/8/2021), kapsul Starliner dilepas dari roket Atlas 5 yang ada di Kompleks Peluncuran Luar Angkasa-41 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral Florida.

Starliner kemudian dikirim kembali ke pabrik Boeing yang terletak di dekat NASA Kennedy Space Center.

Baca juga: NASA dan Boeing Uji Roket Superkuat untuk Misi Artemis ke Bulan

Dalam pengumuman tersebut, dikatakan bahwa penerbangan uji coba tanpa awak Starliner ke luar angkasa akan ditunda selama dua bulan atau hingga tahun depan.

Hal ini otomatis akan membuat penerbangan pertama Starliner Boeing dengan astronot di dalamnya ikut tertunda.

"Ini jelas hari yang mengecewakan," kata Kathy Lueders, administrator asosiasi NASA untuk eksplorasi dan operasi manusia, dalam konferensi pers.

“Tetapi, saya ingin menekankan bahwa ini adalah contoh lain mengapa misi demo ini sangat penting bagi kami,” imbuhnya, seperti dilansir New York Times, Jumat (13/8/2021).

Starliner awalnya dijadwalkan meluncur ke stasiun luar angkasa (ISS) tanpa astronot pada 30 Juli – pengulangan dari penerbangan sebelumnya untuk memverifikasi sistem pesawat ruang angkasa – dan kemudian kembali ke Bumi sekitar seminggu kemudian.

Namun, tanggal peluncuran harus ditunda setelah terjadi kecelakaan di stasiun luar angkasa, ketika modul Rusia yang baru berlabuh, Nauka, secara tidak sengaja menembakkan pendorongnya dan membuat stasiun itu berputar.

Kesempatan berikutnya untuk meluncur ke ISS adalah 3 Agustus. Roket Atlas V dengan Starliner di atasnya sudah berada di landasan peluncuran pada malam sebelumnya, ketika badai petir yang parah terjadi.

Ternyata pada hari berikutnya, 13 katup yang digunakan dalam sistem propulsi Starliner gagal dibuka, dan peluncuran dibatalkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com