Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejutkan, Indonesia Ternyata Memiliki 252 Jenis Sate

Kompas.com - 13/07/2021, 16:34 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber UGM

KOMPAS.com - Hampir semua orang sepertinya pernah mencicipi sate. Makanan tersebut memang cukup umum ditemukan dan merupakan kuliner Indonesia yang disukai oleh semua kalangan.

Namun, siapa sangka bahwa ternyata ada berbagai macam sate yang dapat kita temukan di Tanah Air, jauh lebih banyak daripada yang kita kira sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh pakar kuliner, Murdijati Gardjito.

Mengutip laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), ia memaparkan bahwa ada 252 ragam sate yang bisa ditemui di Indonesia.

Jumlah tersebut terbagi menjadi 175 ragam sate yang bisa ditelusuri asal-usulnya dan 77 ragam sate yang tak bisa diketahui asal-usulnya.

Baca juga: Sate Kambing Bisa Jadi Zat Penyebab Kanker, Begini Mekanismenya

Murdijati yang juga Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan UGM ini menyebut bahwa 175 jenis sate yang diketahui asal-usulnya ini dapat ditemukan di hampir semua daerah kuliner di Indonesia, kecuali Lampung dan Mandar yang tak memiliki sate sebagai makanan tradisionalnya.

Lebih lanjut, ia juga mencatat bahwa wilayah yang memiliki ragam sate paling banyak adalah Yogyakarta. Daerah tersebut mempunyai 21 jenis sate.

Sementara itu, posisi selanjutnya ditempati Semarang yang memiliki 12 ragam sate, serta Bali dan Pekalongan yang masing-masing terdapat 11 ragam sate.

Adapun untuk membuat sate, Murdijati menyebut bahwa bahan-bahan didominasi dengan daging sapi (48,05 persen). Pilihan bahan lainnya yakni daging ayam (37,66 persen) dan daging kambing (20,77 persen).

Lantas, untuk bumbu sate sendiri, masyarakat Indonesia paling sering menggunakan bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan gula kelapa untuk bumbu makanan ini.

Baca juga: Sate Lipan Laris Diekspor ke Vietnam, Bagaimana dengan Bisanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com