Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli: Air Kelapa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, tetapi Bukan sebagai Obat

Kompas.com - 13/07/2021, 10:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa bisa menjadi obat untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Akan tetapi, kandungan nutrisi pada air kelapa memang terbukti dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh kita.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari M.Gizi, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Menurut Juwalita, hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa manfaat air kelapa mampu berfungsi sebagai obat walaupun mungkin saja bisa meningkatkan imunitas dari kandungannya.

“Jadi jika dia merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subyektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif," kata Juwalita.

Apa pun untuk menelaah nutrisinya, kita harus mengamati kandungan macronutrient (makronutrien) dan micronutrient (mikronutrien). Secara makronutrien, yakni sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Baca juga: Air Kelapa Disebut Percepat Kesembuhan Pasien Covid-19, Ini 3 Kemungkinan Menurut Ahli

 

Perannya dalam meningkatkan imunitas dan manfaat baiknya untuk kesehatan, makronutrien pada air kelapa, sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat. 

Makronutrien dalam air kelapa adalah 94 persen isinya air, 5 persen karbohidrat terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Jika kita amati mikronutiennya, kandungan yang menonjol pada air kelapa adalah vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Berikut beberapa fakta kandungan air kelapa dan hubungannya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

1. Vitamin B6

Kandungan nutrisi air kelapa yang erat kaitannya dengan meningkatkan imunitas pertama adalah vitamin B6.

Vitamin B6 itu dikenal sebagai Folat. Vitamin B, terutama B6 dan folat, seperti yang terkandung dalam air kelapa memang sangat berperan pada imunitas tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com