Kompas.com - 03/05/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi air kelapa ShutterstockIlustrasi air kelapa
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comAir kelapa dengan rasanya yang manis mampu memberikan kesegaran secara alami.

Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Kandungan gula dalam air kelapa jauh lebih sedikit dari minuman bersoda dan beberapa jus buah.

Selain itu, air kelapa juga memiliki lebih sedikit kalori, natrium, dan lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga.

Meski demikian, Lilian Cheung, DSc, dari Harvard School of Public Health mengatakan, minum air kelapa dengan jumlah banyak dalam satu hari dapat menambah asupan kalori secara cepat.

Terdapat beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan, di antaranya adalah menghidrasi tubuh, mengurangi natrium, dan menambah asupan kalium.

Baca juga: Minyak Zaitun Vs Minyak Kelapa, Mana Lebih Sehat?

Selengkapnya, dilansir dari Medical News Today, 12 Juli 2017, berikut adalah manfaat air kelapa untuk kesehatan.

1. Pengganti minuman berkalori

Dalam satu cangkir air kelapa, hanya terdapat 45 kalori sehingga air kelapa baik untuk pengganti minuman berkalori tinggi seperti soda dan jus buah.

Air kelapa memiliki banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium. Selain itu, kandungan gula dan karbohidrat dalam air kelapa pun lebih sedikit dibandingkan kebanyakan jus.

2. Menjaga keseimbangan cairan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.