Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Orang Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Fobia Jarum Suntik?

Kompas.com - 10/02/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Sejak program vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Indonesia, ternyata banyak orang yang menunjukkan ketakutan atau fobia jarum suntik. Bahkan, tak sedikit tenaga medis yang takut disuntik.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (14/1/2021), ketakutan orang pada jarum suntik adalah hal yang sangat umum.

Seperti dikutip dari CNN, pada tahun 1944, American Psychiatric Association's Diagnostics and Statistical Manual of Health Disorders menyebut fobia jarum suntik dengan DSM-5, yang disebut dengan trypanophobia.

Trypanophobia adalah ketakutan spesifik terhadap darah, suntikan atau cedera.

Dalam studi metanalitik tahun 2018, yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing, menunjukkan bahwa ada jutaan orang yang memiliki ketakutan atau fobia pada jarum suntik.

Baca juga: Jutaan Orang Fobia Jarum Suntik, Akankah Jadi Kendala Vaksinasi Covid-19?

 

Lantas, mengapa banyak orang takut jarum suntik?

Biasanya, orang yang memiliki ketakutan pada jarum suntik biasanya akan menunjukkan reaksi kecemasan ringan sampai berat.

Psikolog Anna Surti Ariani mengatakan bahwa tidak semua ketakutan terhadap jarum suntik adalah fobia. Disebut fobia jika ketakutan yang dialami berlebihan, bahkan tidak rasional.

"Misalnya baru mendekat ke Puskesmas untuk vaksin, sudah merasa kesulitan bernapas. Reaksinya juga berlebihan," kata psikolog yang akrab disapa Nina ini kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Nina menjelaskan reaksi berlebihan orang yang takut jarum suntik yang ditunjukkan seperti sesak napas, pingsan, hingga tidak bisa berpikir. Biasanya, ada usaha-usaha untuk menghindari kondisi-kondisi terkait.

Orang dengan fobia jarum suntik akan selalu menghindari penyebutan suntik atau langsung menutup gambar jarum suntik, bahkan menolak ke dokter walaupun sudah sakit keras.

Baca juga: Terpisah 16 Tahun, Kok Bisa Nadya dan Nabila Punya Fobia Sama?

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com