Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Sarankan Pakai 2 Masker untuk Perlindungan Maksimal dari Virus Corona

Kompas.com - 29/01/2021, 13:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Munculnya varian baru virus corona yang sangat mudah menular di Amerika Serikat, membuat para ahli kesehatan masyarakat mendesak masyarakat untuk meningkatkan penggunaan masker, yang selama ini telah menjadi pelindung utama selama pandemi.

Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk mengenakan masker KN95 atau N95 jika memungkinkan.

Sementara itu, dokter Anthony Fauci, MD, mengatakan, memakai dua masker sekaligus lebih baik daripada memakai satu masker untuk menangkal virus corona.

Baca juga: Cegah Covid-19, Apa Beda Masker Kain, Medis, FFP2, N95, dan KN95?

Tujuan memakai masker adalah untuk mencegah droplet atau tetesan dan virus mencapai mulut dan hidung seseorang, sehingga dengan masker sebagai penghalang, maka secara alami akan meningkatkan perlindungan diri.

“Jika Anda memakai masker dengan satu lapisan, kemudian Anda menambah satu lapisan masker lagi, ini adalah tindakan yang masuk akal dan mungkin akan lebih efektif,” kata Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases.

Apalagi tak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan masker N95, mengingat harganya yang mahal, dan bahkan CDC lebih merekomendasikannya untuk petugas kesehatan.

Tetapi para ahli kesehatan menekankan, memakai dua masker sekaligus adalah sesuatu yang lebih mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

“Memakai dua masker akan menambahkan filtrasi ekstra, selain itu juga bermanfaat untuk memastikan Anda menutupi celah di sekitar masker, karena tidak setiap masker yang Anda kenakan akan sama pas,” kata Alice Sato, MD, seorang ahli epidemiologi di Children's Hospital & Medical Center di Omaha, NE.

Cara terbaik memakai dua masker

Melansir WebMD, penelitian yang diterbitkan di cell.com merekomendasikan masyarakat memakai masker bedah berkualitas tinggi atau masker kain setidaknya yang memiliki dua lapisan dengan kualitas kerapatan benang yang tinggi, sebagai perlindungan dasar.

Selanjutnya, kenakan masker kain di atas masker bedah untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Masker bedah akan bertindak sebagai filter dan masker kain akan memberikan lapisan penyaringan tambahan.

Baca juga: 7 Ciri Masker Kain Tak Efektif Cegah Covid-19, Termasuk Tali Kendur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com