Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Turun, Lemak Bagian Tubuh Mana yang Hilang Duluan?

Kompas.com - 22/11/2020, 12:07 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program penurunan berat badan bisa membuat frustasi. Apalagi ketika berat badan sudah turun, tetapi tidak ada perubahan pada area yang paling menjadi perhatian Anda.

Sebetulnya, bagian tubuh mana yang akan kehilangan lemak terlebih dahulu ketika berat badan Anda turun?

Dilansir dari Live Strong , (7/11/2019); setiap orang memang menyimpan dan kehilangan lemak dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup.

Lemak, seperti dijelaskan dalam British Medical Journal pada Desember 2004, merupakan kelebihan karbohidrat atau protein dari makanan yang telah diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam tetesan lemak adiposit di dalam tubuh.

Baca juga: Baik untuk Diet, 5 Makanan yang Kenyangnya Tahan Lama

Mir Ali, MD, ahli bedah umum dan bariatrik di Memorial Care Surgical Weight Loss Center di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California menjelaskan  bahwa ada dua jenis lemak:

1. Lemak visceral atau lemak keras yang merupakan jenis lemak berbahaya dan terletak pada sekitar dan dalam organ. Lemak  ini bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit dan memicu peradangan pada organ dalam.

2. Lemak subkutan atau lemak lunak yang ada di bawah kulit dan tidak seberbahaya lemak visceral. Lemak ini bisa Anda rasakan ketika mencubit kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com