Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Terpanjang Sedunia Ditemukan di Laut Dalam Australia

Kompas.com - 14/04/2020, 20:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis


KOMPAS.com – Para ilmuwan baru-baru ini menemukan hewan terpanjang di dunia yang hidup di lautan dalam Australia. Siphonophore, begitu nama hewan tersebut, berbentuk seperti tali dengan panjang mencapai 45 meter.

Siphonophore sama seperti koral, yang merupakan gabungan dari potongan-potongan kecil "zooid".

“Ini adalah hewan terpanjang yang pernah ditemukan,” tutur para peneliti dari Schmidt Ocean Institute yang berbasis di AS, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Ahli Perkirakan, Ekosistem Laut Dunia Akan Kembali Pulih pada 2050

Tiap siphonophore terdiri dari zooid yang sangat banyak, yang menggabungkan diri dan membentuk sebuah koloni. Zooid tidak memiliki jenis kelamin.

Mengutip jurnal Developmental Dynamics, koloni zooid dalam bentuk siphonophore ini bisa mencapai panjang 40 meter. Namun baru kali ini, peneliti menemukan siphonophore terpanjang tepatnya di Ningaloo Coast, Australia.

Hewan laut ini tertangkap kamera oleh kapal bawah air ROV SuBastian. Saat terakhir beroperasi di pesisir Barat Australia, para ilmuwan juga menemukan koloni glass sponge juga beberapa spesies lainnya.

Mereka juga menemukan siphonophore besar genus Apolemia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com