Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Baru Jadi Ortu: Kapan Waktu Ideal Anak Belajar Berenang?

Kompas.com - 14/04/2020, 17:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com – Berenang adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua orang. Pada anak, kemampuan berenang dibutuhkan sebagai upaya keselamatan juga agar ia bisa bermain dalam air dengan aman.

Beberapa orangtua memasukkan anaknya yang masih berusia bayi dalam les berenang. Apakah hal tersebut dibutuhkan? Berapa usia ideal anak belajar berenang?

“American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak berusia 4 tahun ke atas untuk mulai belajar berenang, karena dapat menurunkan risiko kejadian tenggelam,” tutur Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A kepada Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Jangan Berikan Madu kepada Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Namun, lanjutnya, patokan usia ini tidak dapat disamaratakan pada setiap anak.

“Tidak semua anak siap untuk belajar berenang pada usia yang sama. Mengajari anak berenang saat berusia di bawah 4 tahun juga belum menjadi hal wajib yang direkomendasikan AAP sampai saat ini, namun orangtua boleh memutuskan sendiri,” papar Cynthia.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A.RSPI Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A.

Orangtua perlu memutuskan sendiri kapan anak mulai diajari berenang berdasarkan kematangan perkembangan emosional, kemampuan fisik, serta kondisi kesehatan anak.

Kondisi kesehatan ini berkaitan dengan infeksi akibat air kolam, alergi terhadap sesuatu, atau bahan-bahan kimia yang digunakan pada air kolam.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Anak Sering Mimisan, Apakah Berbahaya?

“Bagi bayi berusia di bawah 1 tahun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yng menyatakan bahwa program renang bayi menurunkan angka kejadian tenggelam,” tambah Cynthia.

Oleh karena itu, hingga saat ini AAP tidak merekomendasikan pelajaran renang formal bagi bayi berusia di bawah 1 tahun.

Namun, kegiatan berenang bersama orangtua tentu masih boleh dilakukan bersama bayi sebagai bagian dari kegiatan bermain yang menyenangkan sekaligus mengenalkan air pada bayi.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi, Harus Bagaimana?

“Hal terpenting yang tak boleh dilupakan oleh orangtua adalah tetap harus waspada dan senantiasa mengawasi anak dengan baik saat beraktivitas di sekitar air,” tuturnya.

Hal ini berlaku baik di kolam renang maupun laut. Meski anak sudah pandai berenang, risiko kecelakaan yang mengakibatkan tenggelam tetap bisa terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com