Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Sukabumi, Gempa M 3,7 Guncang Purwakarta dan Cianjur

Kompas.com - 12/03/2020, 09:29 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum usai pemberitaan gempa merusak di Sukabumi dua hari lalu, wilayah Jawa Barat kembali diguncang gempa pada pada Rabu (11/3/2020) malam. Gempa itu mengguncang Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pukul 21.41 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa yang terjadi itu berkekuatan M 3,7.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan resminya kepada Kompas.com menyebutkan bahwa episenter terletak pada koordinat 6,72 LS dan 107,31 BT.

Tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 22 kilometer Timur Laut di Waduk Cirata, pada kedalaman 2 kilometer.

Baca juga: Gempa Sukabumi Terasa Sampai Jakarta, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya yang sangat dangkal yaitu hanya 2 kilometer, kata dia, diyakini gempa ini merupakan gempa kerak dangkal akibat aktivitas sesar aktif yaitu Sesar Cirata di Waduk Cirata.

Hasil kajian yang dilakukan oleh beberapa peneliti menunjukkan bahwa kegempaan mikro di wilayah Cirata memiliki kedalaman sangat dangkal kurang dari 10 kilometer dengan mekanisme sumber gempa yang didominasi oleh sesar naik.

Sementara itu, dampak gempa di Waduk Cirata ini berdasarkan peta tingkat guncangan dan laporan masyarakat, getarannya dirasakan di Cirata dan Plered, Kabupaten Purwakarta dengan skala intensitas III MMI.

Dengan skala III MMI, warga merasakan guncangan seperti ada truk yang berlalu sehingga menyebabkan warga berlarian ke luar rumah.

Sedangkan di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, skala intensitas getarannya mencapai II MMI, warga hanya merasakan goyangan lemah.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Daryono.

Hingga pukul 22:20 WIB, hasil monitoring BMKG terdapat satu aftershock pada pukul 21:51:50 dengan kekuatan M 2.3, episenter terletak pada koordinat 6.8 LS dan 107.37 BT.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Aceh Selatan, Terasa di Kota Blangpidie

Untuk diketahui, wilayah antara Cianjur dan Purwakarta memang termasuk daerah rawan gempa.

Sejaran gempa merusak yang pernah terjadi di wilayah ini adalah gempa Cianjur pada tahun 1834 dan gempa Purwakarta di tahun 1862.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com