Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Aceh Selatan, Terasa di Kota Blangpidie

Kompas.com - 11/03/2020, 10:09 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 5,3 mengguncang wilayah Aceh Selatan, pagi ini, Rabu (11/3/2020) pada pukul 06.08 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa parameter awal magnitudo gempa yang terjadi adalah M 5,3, yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi Mw 5,0.

Disebutkan oleh Kepala Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, episenter gempa bumi itu terletak pada koordinat 3.72 LU dan 97.16 BT.

Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 34 kilometer arah Timur Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh pada kedalaman 95 kilometer.

Baca juga: Setelah Sukabumi, Bengkulu dan Lampung Diguncang Gempa M 5,8

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi," kata Rahmat seperti dikutip dari keterangan resmi BMKG.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik, namun tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi yang berlokasi di darat tersebut berdampak guncangan dirasakan di daerah Blangpidie dengan skala intensitas II-III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujar dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5.0 Guncang Sukabumi, Tidak Berpotensi Tsunami

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com