Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Tol Yogya-Bawen, Dua Ruas Tuntas Kuartal Pertama 2025

Kompas.com - 27/05/2024, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,12 km yang terbagi menjadi enam seksi masih berlangsung.

Proyek Strategis Nasional (PSN) ini melintasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sepanjang 66,32 km dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang 8,80 km.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Senin (27/05/2024), konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen sedang berjalan di Seksi 1 Sleman-Banyurejo sepanjang 8,80 km dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen 4,98 km.

Untuk progres konstruksi Seksi 1 Sleman-Banyurejo saat ini telah mencapai 72,88 persen, sedangkan Seksi 6 Ambarawa-Bawen mencapai 14,66 persen. Konstruksi kedua ruas tersebut ditargetkan selesai pada kuartal pertama tahun 2025.

Baca juga: MLFF Resmi Jadi Salah Satu Sistem Transaksi Jalan Tol

Kemudian untuk Seksi 2 Banyurejo-Borobudur (15,20 km), Seksi 3 Borobudur-Magelang (8,10 km), Seksi 4 Magelang-Temanggung (16,65 km), dan Seksi 5 Temanggung-Ambarawa (21,39 km), sedang dalam tahap pembebasan lahan dan ditargetkan selesai konstruksinya setelah tahun 2025 mendatang.

Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.Dok. BPJT Kementerian PUPR Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Sebagai informasi, untuk Seksi 6 Ambarawa-Bawen juga akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Semarang-Solo yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa. Jalan tol ini juga nantinya akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen direncanakan memiliki enam gerbang tol (GT), terdapat Junction Bawen, dan memiliki lima buah Simpang Susun (SS) yakni, SS Ambarawa, SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur, dan SS Banyurejo.

Setelah Jalan Tol Yogyakarta-Bawen beroperasi penuh akan mempercepat akses perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta, yang sebelumnya cukup lama dengan waktu sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Adapun Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jogja Bawen dengan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com