Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bocimi Diupayakan Beroperasi Kembali Pekan Depan

Kompas.com - 05/04/2024, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trans Jabar Tol (TJT) berupaya agar Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak bisa dioperasikan secara fungsional pada pekan depan.

Direktur Utama TJT Abdul Hakim Supriyadi menyampaikan, saat ini TJT masih fokus dalam melakukan upaya-upaya penanganan dan kajian menyeluruh di lokasi terjadinya longsor.

Adapun saat ini Seksi 2 Tol Bocimi dari Cigombong menuju Cibadak dialihkan sementara untuk dapat dilakukan persiapan operasi fungsional.

"Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini TJT menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi," ungkap Hakim, dikutip dari keterangan resmi.

Selama periode mudik Lebaran, pengguna jalan masih dapat melewati Tol Bocimi Seksi 1 Ciawi-Cigombong.

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Sukabumi dapat keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cigombong, sedangkan pengguna jalan dari arah Sukabumi dapat masuk lewat GT Cigombong untuk menuju ke arah Jakarta.

Baca juga: Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Bisa Dilintasi Pukul 08.00-17.00 WIB

Guna menghindari kepadatan lalu lintas, TJT mengimbau para pengguna jalan untuk menghindari waktu puncak arus mudik serta tetap berhati-hati dalam berkendara.

Sebagai informasi, bencana longsor terjadi di Tol Bocimi Seksi 2, tepatnya di KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada hari Rabu (3/4/2024) pukul 20.00 WIB.

Untuk para korban luka ringan yang terdampak telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi.

Kondisi para korban terkini sudah berangsur pulih dan diizinkan untuk kembali ke kediaman masing-masing.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kejadian tersebut diduga bukan karena adanya gerakan tanah, melainkan murni karena adanya longsor akibat dari curah hujan yang tinggi.

"Hari Senin (8/4/2024) lusa, kami monitor dan tes dulu untuk bisa diupayakan jalur B nya dipakai sebagai jalur mudik kendaraan golongan I, sehingga diharapkan sedikit bisa memecah arus mudik menuju Cigombong," tutur Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com