Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Wajah Baru Kota Lama Banyumas

Kompas.com - 03/01/2024, 08:02 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pekerjaan penataan kawasan Kota Lama Banyumas, di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sesuai kontrak, penataan kawasan tersebut mulai dikerjakan pada 20 Juni 2023 dan telah selesai 100 persen pada 28 Desember 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun telah meninjau progres penataan kawasan Kota Lama Banyumas pada Senin (01/01/2024).

"Kementerian PUPR sesuai tugasnya membantu revitalisasi fisiknya, tetapi event-nya, kreativitasnya juga harus dikembangkan, sehingga menjadi kawasan wisata yang bisa mewadahi berbagai kegiatan masyarakat," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca informasi lengkapnya di sini Kelar Dipersolek, Kawasan Kota Lama Banyumas Kini Punya Wajah Baru

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pekerjaan penggantian dan/atau duplikasi empat Jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Banten. Keempat Jembatan CH dengan total panjang 310 meter itu meliputi Jembatan Cisadane A, Jembatan Cisadane B, Jembatan Batu Ceper, dan Jembatan Tawing.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, penggantian atau duplikasi Jembatan CH di Banten telah selesai seluruhnya pada tahun 2023.

Bahkan, keempat Jembatan CH itu sudah mulai dibuka guna mendukung pergerakan orang, jasa dan logistik bagi masyarakat, khususnya menuju kawasan pariwisata dan industri di Banten.

"Dengan selesainya penggantian atau duplikasi Jembatan Callender Hamilton diharapkan akan semakin mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Banten, khususnya melalui sektor pariwisata dan industri," ujar Endra dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (01/01/2024).

Baca informasi lengkapnya di sini Telan Rp 248 Miliar, Empat Jembatan Callender Hamilton di Banten Tuntas Diganti

PT Hutama Karya (Persero) telah mengoperasikan secara fungsional Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 Km dan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 Km selama momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Selama beroperasi secara fungsional, Hutama Karya mencatat trafik Tol Bangkinang-Koto Kampar sejak 24 Desember 2023 hingga 28 Desember 2023 sebanyak 6.520 kendaraan.

Sedangkan untuk Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura sejak 23 Desember 2023 hingga 28 Desember 2023 dilalui sebanyak 29.387 kendaraan.

Dengan demikian, total kendaraan yang melintasi dua ruas tol fungsional tersebut selama libur akhir tahun 2023 ialah 35.907 kendaraan.

"Melihat trafik tersebut dapat dilihat bahwa antusiasme masyarakat yang ingin melintas cukup tinggi, kami berharap kedua jalan tol ini dapat segera dioperasikan sehingga masyarakat dapat menjadikan jalan tol ini sebagai jalur alternatif perjalanan setiap harinya," ujar EVP Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo, dikutip dari laman Hutama Karya pada Senin (01/01/2023).

Baca informasi lengkapnya di sini Dua Ruas Tol Fungsional di Sumatera Ini Telah Dilintasi 35.907 Kendaraan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com