Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Natal dan Tahun Baru, HK Siapkan 8 Rest Area Fungsional di JTTS

Kompas.com - 28/11/2023, 15:09 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memprediksi akan terjadi kenaikan lalu lintas di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) pada saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Dikutip dari laman Hutama Karya pada Selasa (28/11/2023), volume kendaraan di JTTS diprediksi akan meningkat sampai 24 persen dibandingkan kondisi normal, dari semula 990.000 kendaraan menjadi 1.230.000 kendaraan.

Dengan puncak arus mudik akan dimulai pada H-2 Natal yaitu 23 Desember 2023 dan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada 30 Desember 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo menyampaikan, dari sisi pelayanan, Hutama Karya telah menyiapkan berbagai strategi anti-macet.

Di antaranya dengan menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan untuk mempercepat transaksi, penerapan sistem holding di rest area Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) apabila lonjakan semakin padat, menyiagakan 2.576 personil dan 289 unit armada siaga, hingga optimalisasi rest area.

Baca juga: Basuki Tegaskan Keputusan Diskon Tarif Tol Ada di Tangan BUJT

Optimalisasi rest area yang dimaksud terdiri dari 9 rest area permanen di Tol Terpeka dengan kapasitas daya tampung 1.352 kendaraan, 6 rest area sementara di Tol Permai, dan 2 rest area di Tol Indralaya-Prabumulih dengan kapasitas daya tampung masing-masing 345 kendaraan.

Lalu, terdapat pula 8 rest area fungsional, di antaranya 2 rest area di Tol Palembang-Indralaya dengan kapasitas 60 kendaraan, 2 rest area di Tol Pekanbaru-Bangkinang dengan daya tampung 226 kendaraan, 2 rest area di Tol Indrapura-Kisaran dengan kapasitas 390 kendaraan, dan 2 rest area di Tol Binjai-Langsa dengan kapasitas 60 kendaraan.

Menurut Tjahjo, rest area permanen maupun fungsional dilengkapi fasilitas seperti tempat makan dengan tenant yang beragam, toilet yang bersih, layanan bengkel hingga terjaminnya penyediaan semua jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero), serta tersedia SPBU modular.

"Khusus di rest area Tol Terpeka KM 234 Jalur A sudah dilengkapi dengan ruang laktasi dan ladies parking, sehingga pengguna jalan tol utamanya ibu menyusui tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat yang dikhususkan," imbuhnya.

Baca juga: Libur Natal-Tahun Baru, Tol Japek II Selatan dan Solo-Yogya Beroperasi Fungsional

Beralih ke sisi keamanan dan keselamatan, jalan tol telah dilengkapi dengan 982 unit CCTV dengan dua arah mata kamera yang dipantau selama 24 jam oleh petugas dan terintegrasi dengan teknologi Intelligent Traffic System (ITS) yang dipantau dari command center di kantor pusat dan control room masing-masing cabang tol.

Hutama Karya juga berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder setempat diantaranya yakni Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BNPB, Pemprov/Pemda hingga pihak-pihak terkait lainnya agar penyelenggaraan mudik Natal dan Tahun Baru berjalan dengan lancar.

Pihaknya pun bersama kepolisian akan mendirikan Pos Pengamanan di beberapa titik selama Natal dan Tahun Baru.

"Di antaranya di Tol Terpeka tepatnya di KM 163, KM 208, KM 234, KM 277 Jalur A dan KM 172, KM 215, KM 306 Jalur B. Sedangkan di Tol Permai berlokasi di Gerbang Tol Pekanbaru dan Gerbang Tol Dumai," pungkas Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com