Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Serang-Panimbang Akan Beroperasi Penuh Tahun 2025

Kompas.com - 27/11/2023, 20:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito menyebut bahwa Jalan Tol Serang-Panimbang bakal beroperasi penuh pada tahun 2025 mendatang.

Dia menjelaskan, jalan tol sepanjang 83,67 km itu terbagi tiga seksi. Di mana sejauh ini Seksi 1 Serang-Rangkasbitung yang sudah beroperasi hampir sekitar dua tahun.

"Kemudian yang Seksi 2 dan 3 yang saat ini sedang konstruksi, rencananya tahun 2025 baru selesai dan mulai beroperasi," ujar Agung Budi Waskito dalam Public Expose Live 2023 secara virtual pada Senin (27/11/2023).

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), porsi pembangunan tiga seksi Tol Serang-Panimbang terbagi menjadi dua.

Seksi 1 Serang-Rangkasbitung dan Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Wijaya Karya Serang Panimbang. Sementara Seksi 3 Cileles-Panimbang porsi pemerintah.

Baca juga: WIKA Bakal Divestasi Sejumlah Aset, Ada Jalan Tol hingga Properti

Hingga awal Agustus 2023 lalu, progres konstruksi Seksi 2 telah mencapai 52,45 persen. Sedangkan Seksi 3 mencapai 13,84 persen.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian pernah mengatakan, proyek Tol Serang-Panimbang masih kekurangan anggaran sekitar Rp 5 triliun.

"Jadi kita lagi cari pinjaman lewat pembiayaan loan atau pembiayaan dalam negeri," tuturnya saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Jakarta pada Rabu (6/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com