Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Pariwisata Domestik Indonesia, 5 Provinsi di Posisi Teratas

Kompas.com - 01/09/2023, 08:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor pariwisata domestik Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2023.

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah perjalanan pariwisata domestik pada paruh pertama tahun 2023 mencapai 433,57 juta, meningkat sebesar 12,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Jika tren saat ini terus berlanjut, pasar domestik pada akhir tahun akan mencapai sekitar 827 juta perjalanan, naik dari 734,9 juta perjalanan pada tahun 2022.

CEO Hotel Investasi Strategis Ross Woods mengungkapkan, lima provinsi mengalami pertumbuhan paling tinggi sebagai dampak dari meningkatnya perjalanan tersebut.

Baca juga: Bingin Uluwatu, Destinasi Properti Mewah Terbaru di Bali

Kelimanya menunjukkan pertumbuhan luar biasa dalam perjalanan pariwisata domestik, Nusa Tenggara Barat (NTB) memimpin dengan lonjakan sebesar 158,8 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

"Sementara provinsi di luar lima teratas, menunjukkan pasar perjalanan domestik lebih dari satu persen," ujar Ross kepada Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

Nusa Tenggara Barat terkenal dengan pantainya yang masih orisinal, airnya yang jernih, dan pemandangannya yang menakjubkan, menjadikannya surga yang indah bagi pecinta alam dan pencari petualangan.

Pendekatan proaktif yang dilakukan provinsi ini dalam meningkatkan infrastruktur pariwisata, termasuk konektivitas dan fasilitas yang lebih baik, telah menjadikannya lebih mudah diakses dan menarik bagi wisatawan.

Posisi kedua ditempati Kalimantan Timur dengan peningkatan sebesar 73,7 persen, provinsi ini dengan cepat menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal.

Baca juga: Labuan Bajo, Sepotong Portofino di Asia Tenggara

Diberkahi dengan beragam satwa liar dan hutan hujan lebat, provinsi ini menawarkan peluang unik untuk ekowisata dan melihat satwa liar, yang menarik bagi pecinta alam dan penggemar satwa liar. 

Berikutnya Kepulauan Riau dengan tingkat pertumbuhan luar biasa sebesar 63,2 persen, pulau-pulau dan obyek wisata di provinsi ini telah menarik minat banyak petualang.

Kumpulan pulau-pulau indah di Kepualuan Riau dengan pantai berpasir putih, kehidupan laut yang dinamis, dan resor mewah telah menarik minat pengunjung yang mencari liburan tropis.

Keempat Bali yang terkenal dengan bentang alamnya yang menakjubkan dan budayanya yang dinamis, Bali mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 44,8 persen dalam pariwisata domestik, memperkuat posisinya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi.

Perpaduan unik antara budaya, spiritualitas, dan tradisi Bali terus memikat wisatawan yang mencari relaksasi, peremajaan, dan pengalaman spiritual. 

Baca juga: Destinasi Lifestyle Baru Itu Bernama Mawatu

Di posisi kelima Kalimantan Barat. Provinsi ini mengalami peningkatan jumlah perjalanan sebesar 38,6 persen, sehingga menarik wisatawan untuk mengunjungi keajaiban alamnya yang unik.

"Provinsi ini menawarkan kegiatan menarik seperti penjelajahan hutan dan pelayaran sungai, yang melayani wisatawan petualang yang mencari pengalaman terpencil," ungkap Ross.

Berikut lima provinsi dengan pertumbuhan tertinggi:

  1. Nusa Tenggara Barat
  2. Kalimantan Timur
  3. Kepulauan Riau
  4. Bali
  5. Kalimantan Barat

Sementara provinsi-provinsi di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jakarta hanya menunjukkan pertumbuhan di bawah 40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com