Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung SPAM Mebidang, Intake Berkapasitas 2.400 Liter Per Detik Beres Dibangun

Kompas.com - 29/08/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang Tahap I yang melayani kawasan Medan, Binjai, dan Deli Serdang di Sumatera Utara, dengan kapasitas 1.100 liter per detik, telah diresmikan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Minum beserta Jaringan Distribusi Utama (JDU) ini dilaksanakan secara bertahap oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui BPPW Sumatera Utara mulai 2018 hingga 2023.

"Layanan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih," jelasnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (29/08/2023).

Sebelum pembangunan IPA, telah dilakukan pembangunan Intake Air Baku Mebidang dengan kapasitas debit intake sebesar 2.400 liter/detik.

Sementara, kebutuhan air untuk pemenuhan SPAM secara total pada Tahap I dan Tahap II adalah 2.200 liter/detik.

Baca juga: SPAM Ini Jadi Jawaban Atasi Penurunan Muka Tanah di Semarang

Kepala BWS Sumatera II, Mohammad Firman menambahkan, pihaknya telah melaksanakan pekerjaan pembangunan Intake Air Baku Mebidang.

"Pekerjaannya meliputi pembangunan bendung sungai, pembangunan intake dan jaringan air baku, pipa transmisi air baku dengan diameter 1.000 mm, dan 6 unit pompa berkapasitas 275 liter per detik," katanya.

Adanya 6 unit pompa berkapasitas 275 per detik tersebut untuk memenuhi kebutuhan SPAM Mebidang Tahap I.

Pembangunan Intake Air Baku Mebidang ini dilakukan pada tahun 2018, rehabilitasi pada 2019, dan penyempurnaan pada tahun 2022, dengan total anggaran senilai Rp 72,6 miliar.

"Tujuannya men-supply sumber air baku dari Sungai Bingai untuk kebutuhan SPAM Mebidang. Nanti akan ada tindak lanjut melalui pemeliharaan, sehingga kita harapkan SPAM Mebidang bisa beroperasi dengan optimal dalam memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat," pungkas Firman.

Ke depannya, untuk memenuhi rencana pengembangan SPAM Regional Mebidang Tahap II dengan kapasitas 1.100 liter per detik, BWS Sumatera II juga akan mendukung dengan penambahan pompa pada Intake Air Baku Mebidang sehingga dapat mengoptimalkan operasional SPAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com