Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tapera Mobile Diluncurkan, Mudahkan Proses Pembiayaan Rumah

Kompas.com - 02/08/2023, 11:17 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) meluncurkan aplikasi Tapera Mobile pada Rabu (2/8/2023).

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, aplikasi ini akan semakin memudahkan proses pembiayaan perumahan bagi peserta tapera atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Aplikasi Tapera Mobile bertujuan untuk mempermudah proses bisnis penyaluran hunian rumah tapera serta pengelolaan tabungan kepesertaan tapera," ucap Adi.

Lanjutnya, softlaunching Tapera Mobile juga dilakukan untuk elihat bagaimana tanggapan, penilaian, hingga koreksi dari peserta tapera sebagai perbaikan sebelum diluncurkan secara resmi.

Proses bisnis aplikasi ini mempertemukan masyarakat dengan stakeholders, seperti pengembang dan perbankan yang telah bermitra bersama BP Tapera.

"Jadi masyarakat cukup akses satu aplikasi untuk menggapai produk dan layanan kami," tambah Adi.

Baca juga: Syarat KPR buat Ojol, Tukang Cukur, dan UMKM Harus Nabung Rp 1,2 Juta Per Bulan

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan, tata kelola bisnis berbasis elektronik bisa menggantikan proses manual dalam menyimpan dan menyajikan data, sehingga lebih efektif.

"Akses realtime terhadap dokumen dan informasi menjamin data yang disajikan adalah yang termutakhir," papar Usman.

Dirinya berharap aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk mengedepankan prinsip aksesibilitas, inklusifitas dan transparansi, di mana informasi termutakhir bisa diakses oleh siapapun dari mana saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com