Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Perbaiki Rumah Korban Bencana, Pemprov Kepri Baru Salurkan 83 Paket Sembako

Kompas.com - 26/06/2023, 13:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan berupa 83 paket sembako kepada korban bencana puting beliung di Pulau Kasu atau tepatnya di Kampung Baru RT 001 RW 001, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Batam.

Setiap paket terdiri dari beras 10 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, susu bubuk ukuran 200 gram, biskuit kaleng ukuran 650 gram, sarden kaleng ukuran 425 gram, kornet daging ukuran 340 gram, dan 100 lembar selimut.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang turun langsung meninjau lokasi kejadian melihat langsung puluhan rumah di pesisir Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, yang mengalami kerusakan parah akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (24/6/2023) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sayangnya, banyak penduduk yang tidak menyadari saat puting beliung datang, sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar.

Baca juga: Provinsi Bangka Belitung Segera Hapus Pembelian Kendaraan Dinas

"Saya menargetkan dalam waktu 10 hari, bantuan akan diberikan kepada rumah-rumah yang terdampak menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT), serta direvitalisasi sesuai tingkat kerusakan yang dialami," kata Ansar dihadapan warga yang menjadi korban, Minggu (25/6/2023).

Tidak saja melihat langsung, Ansar juga memerintahkan kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkin) untuk mendata rumah-rumah yang terdampak dan rusak.

"Nanti setelah didata, kami akan berikan bantuan tunai agar masyarakat bisa memperbaiki rumah mereka, kita berikan apresiasi juga untuk teman-teman DPRD Provinsi Kepri karena mereka yang menyetujui penggunaan anggaran untuk bantuan, kami sebagai eksekutif hanya pengguna dan mengusulkan," jelas Ansar.

Data terbaru dari kelurahan ada 102 rumah yang terdampak, untuk sisa bantuannya akan segera disalurkan.

Mengingat mendekati hari raya Idul Adha, Ansar juga akan menyumbangkan satu ekor sapi untuk qurban kepada masyarakat Pulau Kasu sebagai bentuk dukungan dan solidaritas.

"InsyaAllah untuk masyarakat Pulau Kasu, saya akan berkurban satu ekor sapi," ungkap Ansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com