Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Lima Ruas Tol Baru Jasa Marga Bakal Beroperasi

Kompas.com - 10/05/2023, 19:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan lima ruas tol baru hingga tahun 2025 mendatang.

Direktur Bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk Reza Febriano menjelaskan, satu di antara lima ruas tersebut berada dan masuk dalam jaringan jalan tol metropolitan Jadebotabek, dan dioperasikan dalam waktu dekat.

"Ruas tersebut adalah Segmen Pamulang-Cinere sepanjang 3,65 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Serpong-Cinere. Tol Serpong-Cinere ini masuk dalam JORR 2," ujar Reza saat paparan publik di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Reza melanjutkan, konstruksi fisik ruas Pamulang-Cinere sudah tuntas dikerjakan. Jika kelak dioperasikan, akan terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi yang dikembangkan oleh PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ).

Baca juga: Jasa Marga Bagi Dividen Rp 549,38 Miliar

"Saat ini, sedang dalam proses menunggu surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pengoperasiannya," imbuh Reza.

Sementara empat ruas lainnya yang akan beroperasi hingga 2025 adalah Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Tol Yogyakarta-Bawen, Tol Solo-Yogyakarta, dan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Sebelumnya diberitakan, kinerja Perseroan sepanjang 2022 menunjukkan tren positif yang ditandai peningkatan pendapatan sebesar 17 persen dibanding 2021 dengan angka Rp 13,8 triliun.

Kontribusi terbesar berasal dari usaha jalan tol dengan angka Rp 12,4 triliun atau naik 15,4 persen dari tahun lalu, disusul pendapatan usaha lain sebesar Rp 1,4 triliun atau melonjak 35,2 persen.

Meningkatnya pendapatan usaha ini berdampak pada lonjakan laba bersih sebesar 70 persen menjadi Rp 2,75 triliun.

Tidak hanya itu, EBITDA Perseroan juga tumbuh 13,1 persen dibanding tahun sebelumnya, mencapai Rp 8,7 triliun.

Begitu pun dengan realisasi EBITDA Margin yang mencapai 63 persen seiring dengan peningkatan kinerja Perseroan karena telah beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif bagi Perseroan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com