Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, “One Way” dari Semarang Hingga Tol Japek Masih Berlaku

Kompas.com - 25/04/2023, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Jalan Tol Batang-Semarang sampai Km 72 GT Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih terus berlanjut hari ini, Selasa (25/4/2023). 

Awalnya, one way dijadwalkan sudah bisa selesai pada Senin (24/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Namun berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah Timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta, pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas, maka atas diskresi kepolisian, one way masih berlanjut.

“Selain one way, saat ini juga masih diberlakukan contraflow dua lajur dari Km 72 Cikampek ke Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta,” ungkap Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana.

Baca juga: One Way di Tol Trans-Jawa, Kendaraan dari Jakarta menuju Semarang Diarahkan Lewat Pantura

Dikatakan, perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Selasa (25/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Timur ke Jakarta, maka akan dilakukan penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Untuk pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di GT Cikampek Km 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura.

 

Sementara itu, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

“Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan diimbau untuk mematuhi rambu dan arahan petugas. Gangguan sekecil apapun akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrian kendaraan,”tegas Lisye.

“Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama,” tambahnya.

Baca juga: Jadwal Rekayasa Lalu Lintas mulai 24 hingga 26 April 2023, Catat Waktu dan Lokasinya!

Para pengguna jalan bisa memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com