Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Memorial Ecumenical Necropolis, Permakaman Vertikal Tempat Pele Disemayamkan

Kompas.com - 04/01/2023, 19:32 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) dalam usia yang ke-82 tahun.

Mantan pemain Santos FC itu pun disemayamkan di permakaman vertikal tertinggi di dunia, Memorial Ecumenical Necropolis.

Baca juga: Sisa Jasad Manusia Hasilkan Energi Listrik di Pemakaman

Seperti dikutip dari laman VOA News, permakaman vertikal tersebut berlokasi di Kota Santos, sebuah kota pelabuhan tempat Pele menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya.

Salah satu ruang pemakaman di dalam Memorial Ecumenical Necropolis, Brasil. 
Memorial Santos Salah satu ruang pemakaman di dalam Memorial Ecumenical Necropolis, Brasil.

Permakaman tersebut memiliki luas total 40.000 meter persegi. Di dalamnya tak hanya ada area permakaman, tetapi juga dilengkapi dengan restoran 24 jam, kapel, museum mobil, kolam ikan, dan kandang burung.

Makam milik Pele sendiri terletak di lantai pertama dan memiliki luas 200 meter persegi. Uniknya, area makam tersebut akan didekorasi seperti stadion sepak bola.

Jenazah Pele akan dibalsam dan diletakkan di dalam peti mati yang nantinya dipajang di tengah rumput buatan.

Ruang untuk meletakan abu orang yang sudah meninggal di Memorial Ecumenical Necropolis. Memorial Santos Ruang untuk meletakan abu orang yang sudah meninggal di Memorial Ecumenical Necropolis.

Gambar berlapis emas dari masa kejayaan Pele akan dibuat dan diletakkan mengelilingi area berumput tersebut.

Seperti dikutip Atlas Obscura, Memorial Ecumenical Necropolis merupakan permakaman vertikal tertinggi di dunia dan telah tercatat dalam Guinness Book of World Records sejak 1991.

Baca juga: China Kembangkan Kuburan Digital dan Ramah Lingkungan

Kawasan permakaman ini terdiri dari 14 lantai dan dibangun pada tahun 1983 oleh orang Argentina yang juga teman dekat Pele, Pepe Altstut.

Peti mati Pele tiba di tempat pemakaman, Memorial Necrópole Ecumênica, di Santos,  Brasil, pada Selasa (3/1/2023). AFP/MIGUEL SCHINCARIOL Peti mati Pele tiba di tempat pemakaman, Memorial Necrópole Ecumênica, di Santos, Brasil, pada Selasa (3/1/2023).

Saat ini, Necropole berisi 14.000 lokasi area permakaman. Ada juga ruang bawah tanah, ruang untuk mengadakan layanan, krematorium, dan mausoleum untuk keluarga yang ingin menyimpan jenazah kerabat dengan cara yang lebih pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com