Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pakar, Ini Desain Interior yang Bakal Ngetren Tahun 2023

Kompas.com - 02/11/2022, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak terasa pergantian tahun dari 2022 menuju 2023 sudah di depan mata. Beberapa persiapan dilakukan oleh penghuni rumah, salah satunya soal desain interior.

Desain interior menjadi penting bagi sebagaian orang karena bisa menambah kenyamanan saat berada di rumah.

Biasanya, desain interior mengalami pergeseran yang dipengaruhi berbagai faktor selama satu tahun ke belakang.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (1/11/2022), berikut beberapa desain interior yang diperkirakan bakal ngetren pada tahun 2023.

Baca juga: 7 Tujuh Cara Mengatasi Hawa Panas di Rumah

1. Terinspirasi alam

Desainer interior dari Amy Youngblood Interiors, Amy Youngblood mengatakan tema terinspirasi alam diperkirakan masih akan hits pada tahun 2023.

Masyarakat akan banyak melihat warna-warna yang terinspirasi dari alam, seperti hijau dan biru lembut yang bisa menenangkan mata.

Hal serupa juga disampaikan oleh ahli desain furnitur, Gena Kirk yang menyebut banyak masyarakat menginginkan barang-barang alami di rumah seperti meja kayu alami.

"Kami melihat banyak meja tepi langsung atau tunggul besar digunakan sebagai meja akhir. Memiliki elemen luar ruangan yang masuk ke dalam rumah benar-benar memberi makan jiwa kami," ucapnya.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Rumah yang Bisa Tingkatkan Nilai Properti

2. Warna energik

Selain yang terinspirasi dari alam, desain interior dengan warna energik juga diprediksi bakal populer pada tahun 2023.

"Orang-orang beralih dari tampilan ultra-minimalis dan menginginkan lebih banyak warna dan energi," kata Youngblood.

Beberapa yang disebut warna energik antara lain merah, kuning, atau oranye yang bisa membangkitkan semangat.

3. Warna pastel

Bukan hanya desain interior dengan warna energik yang bakal ngetren pada tahun 2023, tapi juga desain dengan warna pastel yang tak lekang oleh waktu.

Pakar tren dari York Wallcoverings, Carol Miller mengatakan kondisi ketidakpastian di dunia saat ini membuat penghuni rumah ingin kembali ke warna yang menenangkan.

4. Desain moody

Desainer utama di Folding Chair Design Co, Jennifer Walter menyampaikan, desain bertema moody juga bakal banyak digemari pada tahun depan.

Desain interior bernuansa moody diwujudkan lewat tampilan ruangan yang bercat ungu atau hijau tua, begitu pula dengan warna-warna perabotannya.

"Dinding bercat atau wallpaper berwarna hijau tua atau ungu dengan warna yang sama dengan warna, perabotan, dan kain, sangat modern dan keren," papar Walter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com