Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Memilih Warna Lampu di Rumah, Anda Wajib Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 31/10/2022, 12:30 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lampu merupakan benda wajib yang dibutuhkan dalam sebuah hunian. Namun, pemilihan dan penggunaanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Biasanya terdapat dua jenis warna lampu yang dikenal masyarakat, warna kuning dan putih. Akan tetapi, jenis warna ini sebenarnya lebih luas dari sekadar warna kuning dan putih.

Warna lampu diukur berdasarkan temperatur kehangatannya dan didefinisikan dengan suhu Kelvin (K). Lampu kuning memiliki range suhu warna 2200-2700 K, sedangkan lampu putih 3000-6500 K.

Lampu dengan warna kuning kental biasanya dinamakan Flare dengan suhu warna 2200 K dan warm white dengan suhu warna 2700 K.

Baca juga: Benarkah Tidur dengan Cahaya Lampu Berbahaya bagi Kesehatan?

Sedangkan, lampu dengan warna putih biasa memiliki suhu warna 3000K. Di atas dari itu, warna lampu akan menjadi kebiruan seperti cool white (5000 K) dan daylight (6500 K).

Cahaya dari lampu dapat membangun mood atau suasana dalam ruangan. Hal inilah yang membuat pemilihan lampu tidak boleh sembarangan agar suasana di ruangan sesuai dengan kegunaannya.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih warna lampu untuk ruangan:

1. Konsep ruangan

Perhatikan konsep ruangan. Lampu kuning cenderung memberikan rasa hangat dan nyaman sehingga cocok untuk digunakan di ruangan-ruangan yang memiliki banyak aksen kayu.

Kendati demikian, penggunaan warna kuning yang terlalu banyak juga bisa menyakiti mata.

2. Fungsi ruangan

Selain sebagai sumber pencahayaan, lampu juga memiliki fungsi untuk menciptakan kenyamanan penghuni, membentuk nuansa, dan menambah nilai estetika. Biasanya, penggunaan lampu akan divariasi berdasarkan estetika ruangan.

3. Posisi dan ukuran lampu

Perhatikan posisi penempatan lampu. Pastikan tidak ada bagian ruangan yang kelebihan atau kekurangan cahaya. Untuk mengantisipasi hal ini, perhatikan pula ukuran lampu.

Lampu dengan ukuran atau watt berlebih dapat memengaruhi psikologis penghuninya.

Selain itu, perhatikan pula budget dan kemudahan perawatan lampu. Pilihlah lampu yang berkualitas dan awet digunakan sehingga tidak dibutuhkan banyak perawatan atau penggantian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com